Di Indonesia, penyakit DBD atau demam berdarah dengue merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat serius. Setiap tahun, ribuan orang termasuk anak-anak mengalami kondisi DBD bahkan ada yang menyebabkan kematian bagi beberapa orang. Penyebab dari DBD ini adalah nyamuk Aedes aegypti.

Menurut data dari Kementrian kesehatan atau Kemenkes RI tahun 2024 tercatat sebanyak 88.593 kasus DBD di Indonesia dan 621 kasus diantaranya menyebabkan kematian. Penyebab utama dari DBD adalah nyamuk aedes menularkan virus dengue dengan cara menggigit manusia.

Infografis: Waspada Gigitan Nyamuk! Cara Ampuh Lawan DBD

Apa Gejala dari DBD?

Ketika DBD gejala yang dirasakan yaitu demam mendadak tinggi suhu tubuh hingga 39 derajat celcius dan berlangsung lama mulai dari 2 hingga 7 hari. Selain demam yang mendadak tinggi, DBD juga menimbulkan gejala lain seperti nyeri kepala, menggigil, lemas, nyeri otot dan tulang, ruam kemerahan, mual, dan muntah.

Mengobati DBD ini cukup mudah yaitu dengan mengkonsumsi banyak cairan, istirahat total, kompres untuk mengatasi demam, dan konsultasi dengan dokter untuk obat yang tepat.

Apakah DBD dapat dicegah?

Tentu, DBD ini bisa dicegah. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan seperti menghindari genangan air, fogging, menggunakan obat nyamuk, dan lainnya. Berikut merupakan beberapa cara pencegahan DBD menurut Kemenkes:

1. Cegah DBD dengan 3M Plus

Salah satu cegah DBD yang paling efektif dengan melakukan 3M Plus, yaitu:

  • Menguras: Menguras tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi, toren, dan lainnya yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk.
  • Menutup: Menutup rapat semua tempat penampungan air dan mengubur barang bekas didalam tanah agar tidak mengotori lingkungan dan menjadi sarang nyamuk.
  • Mendaur Ulang: Memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang bernilai ekonomis.

Selain 3M, cara cegah DBD lainnya uang disebut 3M Plus adalah membudidayakan ikan pemakan jentik, memasang kawat kasa, memeriksa tempat air, memelihara tanaman pengusir nyamuk, dan lainnya.

Baca artikel lainnya

2. Cegah DBD dari Diri Sendiri

Selain menjaga kebersihan lingkungan, mencegah DBD juga dapat dilakukan dengan dimulai dari diri sendiri seperti:

  • Memasang kelambu: Memasang kelambu di tempat tidur untuk menghindari gigitan nyamuk
  • Mengoleskan lotion anti nyamuk: Penggunaan lotion anti nyamuk dapat membantu mengusir nyamuk
  • Memakai pakaian tertutup: Menggunakan pakaian tertutup dapat memberi perlindungan tambahan dari gigitan nyamuk
  • Meningkatkan daya tahan tubuh: Meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, vitamin, olahraga, dan istirahat yang cukup.
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan: Cuci tangan setiap selesai melakukan aktivitas seperti sebelum dan sesudah makan, serta rutin membersihkan ruangan dan perabotan.

Diagnosa DBD sangat mudah yaitu dengan mengukur suhu tubuh menggunakan Termometer. Jika suhu lebih dari 39 derajat celcius dan disertai dengan gejala lain maka segera berobat atau periksakan diri ke dokter sebelum terlambat.

Ingin mengetahui Infografis lainnya? silahkan kunjungi website Galeri Medika. Selain itu, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://ayosehat.kemkes.go.id/cara-mencegah-dbd
https://ayosehat.kemkes.go.id/topik/demam-berdarah-dengue#:~:text=Pengertian-,Demam%20berdarah%20dengue%20(DBD)%20adalah%20penyakit%20yang%20ditularkan%20oleh%20gigitan,antara%20negara%2Dnegara%20Asia%20Tenggara.
https://menpan.go.id/site/berita-terkini/berita-daerah/kemenkes-waspada-dbd-di-musim-kemarau