Asma merupakan salah satu penyakit pernapasan yang dapat mengganggu kualitas hidup bagi penderitanya bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan gejala sesak nafas, batuk, dan mengi asma seringkali dianggap membuat ribet terutama saat gejalanya datang tiba-tiba.

Asma ini dapat terjadi pada semua kalangan usia, lho! Kondisinya ditandai oleh terjadinya peradangan dan penyempitan saluran napas. Berdasarkan data Kemenkes RI tahun 2020 penderita asma di Indonesia lebih dari 12 Juta orang.

Asma Bikin Ribet? Tenang Ada Solusinya!

Asma terjadi akibat penyempitan saluran nafas sehingga menyebabkan gejala yang muncul berulang kali berupa mengi, sesak napas, dada terasa berat dan lainnya. Belum banyak diketahui penyebab pasti dari penyakit asma ini.

Jadi, Sebenarnya Apa Penyebab Asma?

Meskipun penyebab pasti asma ini belum diketahui, namun ada beberapa hal yang dapat memicu asma seperti alergi, polusi, asap rokok, riwayat keluarga, infeksi virus dan bakteri, aktivitas fisik yang terlalu intens, cuaca, kondisi stres, dan lainnya. Gejala yang akan timbul adalah sesak nafas, batuk, mengi, nyeri dada serta kesulitan untuk bernafas.

Asma ini jika tidak diobati atau dicegah dapat menyebabkan komplikasi yang sangat membahayakan bagi kesehatan seperti serangan asma berat, gangguan pernapasan kronis, pneumonia, gangguan tidur, keterbatasan aktivitas fisik, masalah emosional, dan lain-lain.

Asma biasanya dilakukan pengobatan menggunakan inhaler atau nebulizer, obat-obatan tambahan, perubahan gaya hidup, menghindari penyebab alergi, dan mengelola stres.

Apa Pertolongan Pertama Asma?

Pertolongan pertama asma biasanya dilakukan dengan menggunakan obat inhalasi sesuai dengan anjuran dokter. Obat inhalasi dapat dikonsumsi dengan menggunakan bantuan alat kesehatan yaitu Nebulizer ataupun Inhaler agar obat-obatan bisa masuk kedalam paru-paru dengan mudah sehingga meredakan gejalanya.

Nah, itulah pembahasan mengenai Asma. Untuk melakukan pertolongan pertama asma dapat dilakukan menggunakan Nebulizer atau Inhaler. Nebulizer ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain Nebulizer, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2673/mengenal-penyakit-asma
https://upk.kemkes.go.id/new/gejala-dan-ciri-khas-asma-yang-harus-diwaspadai
https://p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/bali/informasi-umum-penyakit-asma