Hai Moms! Pernahkan Moms bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada anak kita di masa depan? Apakah mereka akan tumbuh menjadi individu yang kreatif, mandiri, dan sukses? Jawabannya itu sebenarnya sangat bergantung pada bagaimana kita membesarkan dan membimbing mereka sejak dini!

Salah satu kunci untuk memastikan masa depan anak cerah adalah dengan memantau tumbuh kembang mereka secara teratur. Dengan memantau tumbuh kembang, kita dapat mengetahui apakah anak kita berkembang sesuai dengan usianya, dan juga dapat mencegah anak dari Stunting.

Tau gak sih Moms? Di Indonesia itu masih banyak anak yang mengalami stunting. Menurut data dari Kemenkes RI pada tahun 2023 tercatat anak yang mengalami stunting sebesar 21.5%. Dampak dari stunting ini sangat berbahaya lho, terutama bagi pertumbuhan anak di masa depan.

Infografis: Pantau Tumbuh Kembang Anak untuk Masa Depan Cerah

Stunting pada anak akan menyebabkan anak memiliki tubuh pendek dan tingkat kecerdasan dibawah rata-rata. Sedangkan, dalam jangka panjang dampak stunting dapat menurunkan kemampuan intelektual pada anak, lambat dalam menangkap pelajaran, resiko penyakit seperti diabetes atau hipertensi, dan masih banyak lainnya.

Lalu, sebenarnya apa sih penyebab dari Stunting? Beberapa penyebabnya seperti kurang gizi, rendahnya asupan vitamin dan mineral, kekurangan asupan sumber protein hewani, pola asuh yang kurang baik, dan lainnya. Oleh karena, stunting harus dicegah agar anak bisa tumbuh dengan baik.

Pencegahan Stunting

Berikut merupakan beberapa pencegahan dari kondisi Stunting untuk Anak:

  1. Memberikan asi hingga minimal 5 bulan
  2. Pola asuh yang tepat
  3. Memberikan MPASI bergizi untuk bayi usia >6 bulan
  4. Memantau pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik

Selain pencegahan, pengobatan stunting dapat dilakukan dengan mengatasi penyakit penyebab, memperbaiki asupan nutrisi, memberikan suplemen, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Pemantauan dan perkembangan anak ini dapat dilakukan dengan menimbang, mengukur panjang, dan lingkar tubuh bayi mulai dari usia 0 hingga 2 tahun yang paling krusial, dan memiliki dampak besar pada pertumbuhan anak kedepannya.

Alat untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak seperti timbangan dan pengukur panjang atau tinggi dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain alat tersebut, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.