Terlalu sibuk dalam aktivitas sehari-hari seringkali membuat kita lupa untuk memperhatikan kesehatan dan kondisi tubuh. Rutinitas yang padat, tuntutan pekerjaan, serta gaya hidup modern yang serba instan membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk mencegah kondisi tersebut semakin parah, maka perlu dilakukan antisipasi pencegahan. Salah satu cara dalam mencegah hal tersebut adalah dengan memiliki alat kesehatan yang dapat digunakan secara mandiri.

Wajib Punya! Rekomendasi Alat Kesehatan untuk Pemakaian Pribadi

Mengapa Alat Kesehatan Pribadi itu Penting?

Alat kesehatan pribadi merupakan salah satu upaya dalam menjaga kondisi tubuh tetap sehat dengan cara mengontrol kondisi tubuh secara rutin. Selain itu, dengan adanya alat kesehatan pribadi juga dapat memberikan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan atau kondisi tubuh yang tidak sehat sehingga tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius bahkan berdampak berbahaya bagi tubuh.

Contohnya, misal jika sedang memasak atau memotong bahan masakan tiba-tiba tangan tergores pisau. Jika memiliki P3K maka luka tersebut akan ditangani segera dan menghindari infeksi. Selain itu, jika tiba-tiba baju tidak muat, celana sempit, kemungkinan berat badan bertambah. Jika memiliki timbangan dirumah maka dapat mengetahui berat badan sehingga dapat memberikan kesadaran untuk hidup lebih sehat agar berat badan tubuh tetap terkontrol secara normal. Lalu, apa saja sih alat yang bisa digunakan untuk pemakaian pribadi? Simak selengkapnya!

Rekomendasi Alat Kesehatan untuk Pemakaian Pribadi

Berikut merupakan beberapa alat kesehatan yang dapat digunakan untuk Pemakaian Pribadi:

1. Termometer

Termometer merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur suhu tubuh. Termometer ini memiliki beberapa jenis seperti termometer digital, termometer infrared, thermometer telinga, dan lainnya. Rekomendasi jenis termometer untuk penggunaan pribadi yaitu termometer digital. Selain harganya yang murah, termometer ini juga memiliki akurasi yang baik dan ergonomis sehingga tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang besar.

2. Tensimeter

Rekomendasi alat kesehatan selanjutnya adalah tensimeter. Tensimeter merupakan alat cek tekanan darah yang dapat mengetahui tekanan darah diastolik dan sistolik. Tensimeter yang dapat digunakan secara mandiri yaitu tensimeter digital. Cara menggunakan tensimeter digital ini sangat mudah dan praktis sehingga cocok digunakan untuk siapa saja.

Wajib Punya! Rekomendasi Alat Kesehatan untuk Pemakaian Pribadi

3. Alat Cek Darah

Alat cek darah dapat mengukur kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat. Alat cek gula darah ini bisa mencangkup ketiga variabel dalam satu alat atau bisa juga berbeda alat tergantung Kamu memilih yang mana. Cara menggunakannya pun tidak merepotkan dan hasilnya pun akurat sehingga kamu dapat mengetahui kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat di rumah secara mandiri.

4. Kotak P3K

Selain yang sudah disebutkan, rekomendasi alat kesehatan lainnya adalah Kotak P3K. P3K atau Perlengkapan Pertolongan Pertama jika terjadi kecelakaan berisi alat-alat medis seperti plester, kasa, perban, iodine, alkohol, kapas, dan lainnya. Kotak P3K ini dapat ditemukan dipasaran dalam set lengkap atau Kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan membeli isinya secara mandiri. Memiliki alat P3K dirumah maka dapat memberikan pertolongan pertama dalam kecelakaan sehingga tidak menimbulkan resiko yang lebih berbahaya.

5. Timbangan

Rekomendasi alat kesehatan lainnya adalah timbangan. Timbangan merupakan alat yang dapat mengetahui berat badan, selain berat badan beberapa timbangan digital atau timbangan komposisi tubuh memiliki fitur mengukur komponen penyusun tubuh seperti kadar lemak, massa otot, massa tulang, dan lainnya. Dengan memiliki timbangan digital, maka Kamu dapat mengontrol berat badan secara rutin sehingga dapat menjaga berat badan tetap stabil.

Wajib Punya! Rekomendasi Alat Kesehatan untuk Pemakaian Pribadi

6. Masker

Pasti tidak asing dengan alat kesehatan yang bernama masker kan? Kenapa masker sangat penting untuk dimiliki di rumah? Karena dengan adanya masker di rumah dapat menjaga tubuh dari kontaminasi virus atau bakteri terutama jika dalam satu lingkungan ada orang yang tidak sehat, sehingga dapat mengantisipasi tertular penyakit.

Selain yang sudah disebutkan, masih banyak alat kesehatan yang bisa selalu ada dirumah untuk mengantisipasi masalah kesehatan agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius atau kondisi kesehatan yang lebih berbahaya. Dengan adanya alat kesehatan maka dapat dilakukan pencegahan terhadap kondisi tubuh serta mengurangi resiko penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Itulah rekomendasi mengenai jenis-jenis alat kesehatan yang dapat digunakan secara mandiri atau untuk penggunaan pribadi. Jika Kamu masih bingung alat yang tepat merk atau jenis apa, maka Kami akan membuat artikel selanjutnya mengenai rekomendasi yang lebih detail beserta alatnya. Hubungi live chat kami ya, untuk mengetahui seputar alat kesehatan dan kesehatan lainnya.

Alat kesehatan ini dapat dibeli di Toko Galeri Medika secara langsung maupun online. Selain alat tersebut, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.