CPAP atau singkatan dari Continuous Positive Airway Pressure merupakan sebuah alat kesehatan yang biasanya digunakan untuk seseorang dengan kondisi sleep apnea. CPAP ini bekerja dengan cara memberikan aliran udara bertekanan, lalu dimasukan kedalam hidung atau mulut melalui masker yang bertujuan untuk membuka jalur napas dan mencegah terjadinya henti nafas saat tidur.

Bagi seseorang yang baru pertama kali menggunakan CPAP biasanya akan kesulitan untuk menyesuaikan atau bahkan terasa tidak nyaman karena ada tekanan udara yang masuk untuk menjaga jalur nafas agar tetap terbuka selama tidur. Meskipun CPAP efektif dalam mengobati gejala sleep apnea, namun beberapa pengguna baru biasanya mengalami kesulitan seperti:

  • Ketidaknyamanan: Masker CPAP yang menutupi hidung atau mulut dapat terasa tidak nyaman, terutama pada awalnya. Serta, udara bertekanan yang masuk melalui hidung atau mulut akan terasa tidak nyaman.
  • Kebisingan: Beberapa mesin CPAP mengeluarkan suara yang cukup berisik sehingga dapat mengganggu tidur.
  • Kering pada Hidung dan Tenggorokan: Pada awalnya mungkin akan terasa kering pada saluran pernapasan karena adanya aliran udara yang terus-menerus masuk.
  • Kesulitan Tidur: Kebiasaan tidur yang terganggu, rasa tidak nyaman akan membuat sulit tidur nyenyak jika tidak terbiasa.
Tips Menggunakan CPAP untuk Pemula

Hal-hal tersebut merupakan kondisi umum yang cukup sering dialami oleh pengguna baru CPAP. Namun, tidak usah khawatir, karena dalam Artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips menggunakan CPAP untuk Pemula.

Tips Menggunakan CPAP untuk Pemula

Untuk mengatasi tantangan bagi pemula dalam menggunakan CPAP, maka dapat mengikuti tips berikut ini sehingga penggunaan CPAP akan lebih nyaman:

1. Pilih Mesin CPAP Terbaik

Sebelum memutuskan untuk membeli CPAP, pastikan untuk mempertimbangkan kenyamanan, fitur yang ditawarkan, dan spesifikasi secara keseluruhan. Selain itu, pilihlah jenis yang sesuai dengan kondisi sleep apnea.

Biasanya beberapa alat dilengkapi dengan fitur RAMP yaitu memungkinkan udara masuk secara perlahan dalam waktu tertentu sehingga pengguna bisa lebih nyaman dengan adanya tekanan udara yang masuk. Selain itu, ada juga CPAP yang dilengkapi dengan humidifier, berfungsi untuk menjaga saluran pernafasan tetap lembab selama menggunakan CPAP.

2. Memilih Masker yang Tepat

Ketika ingin menggunakan CPAP, masker merupakan salah satu komponen penting yang dapat menentukan kenyamanan bagi pengguna. Masker CPAP ini tersedia dari berbagai jenis gaya dan ukuran. Tipe-tipe utama masker pada CPAP diantaranya:

  • Masker Nasal Pillow
  • Masker Nasal
  • Masker Full Face
  • Masker Hybrid
Tips Menggunakan CPAP untuk Pemula

3. Menyesuaikan Diri dengan CPAP

Penyesuaian diri dengan alat CPAP dapat dilakukan dengan menggunakan masker saat waktu santai seperti saat membaca buku dan saat sedang menonton tv agar lebih terbiasa.

4. Menjaga Kebersihan CPAP

Selalu menjaga kebersihan mesin CPAP merupakan salah satu hal yang penting dan harus dilakukan agar CPAP dapat bekerja dengan efektif. Sebelum memulai terapi CPAP pastikan mengecek kebersihan CPAP mulai dari air humidifier, filter udara, masker, dan lainnya agar penggunaan lebih nyaman serta efektif.

5. Gunakan Fitur RAMP

Fitur RAMP merupakan salah satu keunggulan dari CPAP dimana tekanan yang masuk akan disesuaikan secara perlahan sehingga tidak membuat terkejut dan tidak mengganggu sebelum tertidur lelap.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan terutama bagi pemula yang ingin menggunakan CPAP. CPAP ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain CPAP, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://sleeplay.com/blogs/news/cpap-tips-every-beginner-should-know
https://www.resmed.hk/en-hk/blog/the-beginners-guide-to-sleep-apnea-therapy
https://www.resindo.com/articles/tips-mudah-beradaptasi-dengan-terapi-cpap/