Dalam menjalani gaya hidup sehat, olahraga menjadi salah satu bagian penting bagi banyak orang. Namun, terkadang aktivitas fisik ini juga dapat meningkatkan resiko cedera, terutama jika tidak didukung dengan perlengkapan yang tepat. Salah satu perlengkapan yang penting dipertimbangkan untuk digunakan adalah body support atau dukungan tubuh. Body support ini dapat membantu mencegah cedera, tetapi juga dapat digunakan untuk pemulihan bagi seseorang yang sedang dalam fase penyembuhan.

Body support merupakan salah satu jenis alat kesehatan yang digunakan pada bagian tubuh dan berfungsi untuk menopang bagian tubuh tertentu sehingga dapat terhindar dari cedera. Selain menghindari terjadinya cedera, body support juga dapat digunakan untuk pemulihan kondisi tubuh tertentu sehingga dapat mengurangi nyeri ataupun lainnya. Body support ini dapat digunakan pada setiap bagian tubuh tertentu misalnya pada leher,tangan, jari tangan, kaki, lutut, dan lainnya.

Tips Memilih Body Support yang Tepat untuk Olahraga dan Pemulihan Cedera

Jenis-Jenis Body Support

Body support ini dapat digunakan pada setiap bagian tubuh manusia mulai dari bagian tangan, badan, hingga kaki. Body support ini tentunya berbeda-beda pada setiap bagian tubuh, berikut merupakan jenis-jenis body support yang biasa digunakan:

1. Support Tangan

Support tangan atau pelindung tangan merupakan salah satu body support yang digunakan untuk menjaga bagian tangan agar terhindar dari cedera atau resiko lainnya pada area tangan. Support tangan ini terdiri dari berbagai macam jenis lainnya yaitu:

  • Pelindung Bahu
  • Pelindung Siku
  • Deker Pergelangan tangan
  • Pelindung Jari
  • Penyangga Lengan

Support tangan ini dapat digunakan dapat memberikan beberapa manfaat tergantung pada kondisi medis atau kebutuhan individu tertentu. Beberapa manfaat umumnya yaitu digunakan untuk pemulihan cedera seperti patah tulang tangan dan cedera ligamen, mengurangi rasa sakit karena dapat memberikan dukungan yang stabil, dan dapat digunakan untuk menjaga fungsi tangan serta mengurangi gejala yang mungkin muncul.

2. Support Kaki

Support kaki atau pelindung kaki merupakan salah satu body support yang digunakan untuk melindungi kaki dari cedera olahraga maupun digunakan untuk pemulihan cedera. Penggunaan support kaki ini dapat memberikan beberapa manfaat tergantung pada kondisi medis atau kebutuhan seseorang. Support kaki ini terdiri dari:

  • Penyangga Lutut
  • Pelindung pergelangan kaki
  • Bantalan kaki
  • Bantalan sekat jari kaki
  • Kaos kaki
  • Pelindung betis
  • Penyangga kaki
  • Stocking
Tips Memilih Body Support yang Tepat untuk Olahraga dan Pemulihan Cedera

Penggunaan support kaki ini dapat memberikan beberapa manfaat diantaranya yaitu pemulihan cedera seperti patah tulang, keseleo, cedera ligamen. Lalu, dapat juga digunakan untuk membantu stabilitas pada kaki dan persendian sehingga mengurangi resiko terjatuh. Selain itu, penggunaan support kaki juga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti arthritis dan dapat juga digunakan untuk mencegah cedera saat sedang melakukan olahraga atau aktivitas fisik.

3. Support Punggung dan Pinggang

Support punggung dan pinggang merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk memberikan dukungan tambahan pada area punggung dan pinggang. Penggunaan alat ini memberikan manfaat terutama dalam kesehatan postur tubuh dan pemulihan saat cedera. Support punggung dan pinggang ini terdiri dari:

  • Korset Pinggang
  • Korset Punggung
  • Penyangga Bahu
  • Korset tulang belakang
  • Penyangga dada
  • Korset Ibu hamil

Penggunaan support punggung ini memiliki beberapa manfaat yaitu dapat memberikan dukungan postur tubuh sehingga dapat mempertahankan postur tubuh yang baik. Penggunaan support punggung juga dapat digunakan untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang sehingga mengurangi rasa sakit.

Body support ini memiliki banyak manfaat yang beragam tergantung bagian tubuh mana yang menggunakan dan kondisi kesehatan seperti apa yang sedang dialami. Penggunaan body support ini tentunya harus diperhatikan dengan benar agar dukungannya pun menjadi lebih maksimal.

Tips Memilih Body Support yang Tepat untuk Olahraga dan Pemulihan Cedera

Tips Memilih Body Support

Sebelum menggunakan body support tentunya harus memilih yang tepat agar penggunaannya pun lebih nyaman dan sesuai. Berikut merupakan beberapa tips memilih body support yang tepat:

1. Pertimbangkan Jenis Cedera ataupun Aktivitas

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih body support yang sesuai adalah dengan memperhatikan kondisi kesehatan. Mungkin jika memiliki kondisi cedera pergelangan kaki, maka memilih ankle support. Atau, ketika mengalami patah tangan maka memilih suport tangan yang dapat memberikan kestabilan sehingga menghindari cedera.

2. Pilih Ukuran yang Sesuai

Pastikan body support yang dipilih memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuh. Penggunaan body support yang terlalu longgar mungkin tidak akan memberikan dukungan yang maksimal sedangkan jika menggunakan body support yang terlalu ketat maka dapat mengganggu aliran darah dan kenyamanan.

3. Pilih Bahan yang Berkualitas

Pemilihan bahan juga merupakan hal yang penting karena dapat memberikan kenyamanan saat menggunakannya. Beberapa body support ini memiliki bahan breathable sehingga membuat nyaman karena ada aliran udara yang keluar masuk dengan mudah.

4. Pilih Tingkat Dukungan yang Sesuai

Pilih body support dengan tingkat dukungan yang sesuai dengan tingkat keparahan cedera atau kondisi tubuh. Beberapa support memiliki tingkat kompresi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan stabilitas sendi atau otot.

5. Perhatikan Cara Perawatan

Beberapa body support ada yang tidak boleh dicuci menggunakan sabun, atau ada yang tidak boleh dikeringkan dengan dryer, dan lainnya. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan agar tidak merusak produk.

Body support memiliki manfaat yang cukup beragam sesuai dengan kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, pastikan memilih body support yang sesuai sehingga dapat memberikan dukungan maksimal. Body support ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain body support, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://jual-alkes.com/blog/fungsi-alat-kesehatan-body-support
https://familydr.id/body-support-alat-pelindung-bagian-tubuh/#:~:text=Membantu%20Menjaga%20Kesehatan%20Tulang%20dan,agar%20tidak%20menjadi%20lebih%20parah.
https://www.galerimedika.com/blog/mengenal-body-support-untuk-mencegah-cedera-saat-olahraga