Pernah denger gak sih opini “Gapapa ngorok, berarti tidurnya nyenyak”? Nyatanya, itu salah besar! Ngorok selama tidur itu menandakan kualitas tidur kamu buru, lho! Bahkan, bisa meningkatkan resiko masalah kesehatan yang lebih serius.

Tidur Nyenyak Tanpa Gangguan Ngorok! Rahasia ada di CPAP

Ngorok saat tidur dapat terjadi pada semua orang dalam usia berapapun. Tapi, ada beberapa orang yang memiliki resiko ngorok ketika tidur lebih tinggi dengan kondisi tertentu seperti, memiliki berat tubuh obesitas (BMI >25), laki-laki, perokok, peminum alkohol, orang lanjut usia, dan kelainan anatomi.

Menurut data statistik suatu penelitian terdapat 45% orang dewasa yang ngorok tidak teratur ketika tidur, dan sekitar 26% lainnya ngorok secara teratur ketika tidur.

Lalu, Apa Bahaya Ngorok?

Mendengkur atau ngorok selama tidur bisa berdampak terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darh yang dapat meningkatkan resiko hipertensi, atrial fibrilasi, penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes.

Selain itu, ngorok ketika tidur juga membuat tidur tidak berkualitas dan ketika bangun pagi, tubuh akan terasa tidak segar atau bahkan terasa sangat lelah.

Gimana Caranya Biar Mencegah Ngorok Saat Tidur?

Untuk mencegah tidur ngorok, yang dapat dilakukan adalah perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Pencegahan lainnya yaitu berhenti merokok, tidak minum alkohol, menjaga berat badan tetap normal, dan melakukan terapi dengan alat bantu pernapasan salah satunya adalah CPAP (Continuous Positive Airway Pressure)

Apa itu CPAP? CPAP atau singkatan dari Continuous Positive Airway Pressure bekerja dengan cara memberi aliran udara bertekanan lalu dimasukan kedalam hidung atau mulut melalui masker yang bertujuan untuk membuka jalur napas dan mencegah terjadinya henti napas saat tidur

Mau tau infografis menarik lainnya? Kunjungi website Galeri Medika, Ya! Selain infografis yang menarik, Galeri Medika juga menjual semua jenis alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/840/waspadai-bahaya-tidur-mendengkur
https://indonesia.go.id/kategori/budaya/8195/mewaspadai-dengkur?lang=1
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2323/mendengkur-dan-penyakit-jantung-jangan-disepelekan