Di era teknologi yang terus berkembang pesat ini, inovasi dalam berbagai bidang semakin banyak dan tak terhindarkan. Salah satu contohnya adalah perkembangan teknologi dalam alat bantu jalan. Alat bantu jalan merupakan alat yang berguna untuk membantu seseorang yang memiliki keterbatasan gerak dalam melakukan mobilitas sehari-hari. Alat bantu jalan ini dapat berupa walker, rollator, kruk, dan kursi roda. Salah satu alat bantu jalan yang terus mengalami perubahan dengan berbagai macam inovasi terbaru yaitu kursi roda.

Kursi roda merupakan salah satu alat bantu jalan yang memiliki bentuk seperti kursi namun dilengkapi dengan roda pada setiap kakinya sehingga dapat digerakan dengan mudah baik oleh sendiri ataupun dengan bantuan orang lain. Kursi roda ini memiliki cukup banyak jenis seperti kursi roda manual, kursi roda elektrik, kursi roda cp, dan lainnya. Jenis-jenis kursi roda ini menawarkan fitur yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Review Kursi Roda Travel Elektrik Lipat GEA D130FL

Jenis-Jenis Kursi Roda

Sejak pertama kali kursi roda diproduksi hingga saat ini memiliki semakin banyak jenis yang beragam dengan menawarkan fitur yang menarik mulai dari kursi roda yang dapat dilipat kecil, kursi roda yang dapat rebahan, dan lainnya. Berikut merupakan jenis-jenis kursi roda yang cukup umum dan mudah ditemukan diantaranya:

1. Kursi Roda Manual

Kursi roda manual merupakan jenis kursi roda yang paling umum ditemukan dan merupakan kursi roda yang familiar bagi kebanyakan orang. Cara menggunakan kursi roda ini sangatlah mudah yaitu dengan didorong secara mandiri menggunakan tangan maupun didorong dengan bantuan orang lain. Kursi roda ini cocok digunakan dalam setiap kegiatan. Namun, kursi roda ini kurang cocok digunakan oleh seseorang yang memiliki kelemahan pada tangan karena akan sulit dalam menggerakan kursi roda secara mandiri sehingga memerlukan bantuan orang lain dalam menggunakannya.

Kursi roda manual ini memiliki beragam jenis seperti kursi roda travel yang dapat dilipat menjadi kecil sehingga memudahkan dalam menyimpan dan memindahkannya. Selain itu, ada juga kursi roda manual yang memiliki beban lebih besar sehingga dapat menopang pengguna yang memiliki berat badan lebih besar.

2. Kursi Roda Elektrik

Berbeda dengan kursi roda manual, kursi roda elektrik dilengkapi dengan mesin sehingga tidak perlu menggunakan kekuatan tangan dalam menggunakannya. Untuk menggunakannya kursi roda ini hanya perlu menggerakan joy sticknya atau remote control, maka kursi roda tersebut akan otomatis bergerak.

Review Kursi Roda Travel Elektrik Lipat GEA D130FL

3. Kursi Roda Sport

Kursi roda sport atau kursi roda olahraga merupakan salah satu jenis kursi roda manual yang dirancang dirancang khusus untuk melakukan olahraga seperti basket, tennis, balap, hingga rugby. Kursi roda khusus basket biasanya akan dilengkapi dengan desain roda miring keluar yang berguna untuk menjaga keseimbangan atlet. Sebagian besar jenis kursi roda ini memiliki empat roda kecil dibagian bawah roda utama yang besar untuk stabilitas lebih kuat.

4. Kursi Roda Anak

Kursi roda ini dirancang untuk anak-anak. Kursi roda anak ini dapat berupa kursi roda manual maupun kursi roda standar. Kursi roda anak ini memiliki ukuran untuk anak anak dengan desain yang menarik sehingga ketika anak-anak menggunakannya akan terasa nyaman dan mudah beradaptasi.

Selain yang sudah dijelaskan, masih banyak berbagai jenis kursi roda yang dijual dipasaran seperti kursi roda untuk kondisi cerebral palsy, kursi roda reclining atau kursi roda rebahan, kursi roda multifungsi yang bisa bab, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentunya ketika ingin membeli kursi roda pertama kali akan dibingungkan dengan jenis kursi roda yang harus dipilih. Pemilihan dari kursi roda ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna sehingga sangat penting untuk diperhatikan agar ketika menggunakannya pun menjadi lebih nyaman. Salah satu kursi roda yang dapat dipertimbangkan sebelum membeli kursi roda adalah kegunaan serta kenyamanan bagi penggunanya. Salah satu kursi roda yang dapat dipertimbangan sebelum memilih yang lain adalah kursi roda travel elektrik dari GEA tipe D130FL.

Review Kursi Roda Travel Elektrik Lipat GEA D130FL

Kursi Roda Travel Elektrik GEA D130FL

Kursi roda travel elektrik dari GEA menawarkan fitur yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Rangka terbuat dari aluminium yang ringan dan kuat sehingga mampu menopang beban maksimal 100 kg. Kursi roda ini juga juga dapat digunakan dua mode yaitu mode manual serta mode elektrik yang dapat diganti dengan mudah.

Kelebihan lainnya dari kursi roda ini juga adalah memiliki 2 buah motor dengan kekuatan tinggi yaitu 6 km/jam. Selain itu, kursi roda ini juga memiliki baterai berjenis lithium baterai DC 24V x 12 Ah dengan maksimal jarak tempuh yaitu 20 km. Memiliki rem dengan sistem elektromagnetik sehingga lebih aman. Bagian depan dari kursi roda ini juga dilengkapi dengan lampu.

Kursi roda elektrik travel ini memiliki desain yang elegan dengan pijakan kaki yang dapat dilipat. Selain itu, kursi roda ini juga memiliki wadah baterai yang mudah dilepas serta pengisian daya USB. Kursi roda ini dapat dilipat menjadi kecil sehingga memudahkan pengguna dalam menyimpan dan dapat dibawa kemana saja.

Kursi roda GEA D130 FL memiliki roda belakang berjenis ban hidup dengan diameter 12 inci serta roda depan 8 Inch. Memiliki dudukan dengan lebar 46 cm dan tinggi dudukan ke lantai yaitu 46 cm. Dengan berat produk keseluruhan yaitu sebesar 21 kg. Untuk dimensi totalnya yaitu panjang 98 cm, lebar 58 cm, serta tinggi 90 cm.

Onemed 825 Monitor Komposisi Tubuh

Kursi Roda Travel Elektrik GEA D130FL

Kursi roda travel elektrik GEA D130FL menawarkan berbagai fitur kenyamanan untuk pengguna. Menggunakan rangka aluminium yang ringan dan kuat tetapi mampu menahan beban pengguna hingga 100 kg. Kursi roda elektrik ini dilengkapi dengan 2 mode pengoprasian yaitu mode elektrik dan manual. Kelebihan lainnya dari kursi roda ini yaitu dengan menggunakan baterai jenis lithium serta memiliki 2 motor yang bertenaga dan sangat efisien.

Fitur Produk

  • Rangka aluminium ringan mudah dilipat
  • Dual mode : elektrik dan manual
  • Sandaran tangan tetap
  • Pijakan kaki dapat dilipat
  • Dilengkapi dengan wadah baterai yang mudah dilepas
  • Kursi roda dilengkapi dengan senter (lampu penerangan)
  • Dilengkapi dengan pengisian daya USB
  • 2 Motor bertenaga 130W 2x
  • Menggunakan baterai Lithium DC24V x 12Ah
  • Sistem rem menggunakan elektromagnetik
  • Dapat dilipat menjadi kecil
  • Maksimum beban 100 kg

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Kelebihan dan Kekurangan Kursi Roda GEA D130FL

Meskipun menawarkan berbagai fitur yang menarik, tentunya dalam setiap produk juga memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Berikut merupakan kekurangan dan kelebihan dari kursi roda GEA D130FL

Kelebihan

  • Portabilitas Tinggi: Karena dapat dilipat menjadi kecil sehingga sangat praktis untuk disimpan di bagasi mobil atau dibawa saat bepergian
  • Ringan dan Mudah dibawa: Meskipun ini kursi roda elektrik tetapi memiliki berat yang cukup ringan sehingga mudah disimpan
  • Kemampuan baterai yang baik: Kursi roda ini memiliki baterai yang mampu menempuh jarak panjang hingga 20 km
  • Fitur beragam: Kursi roda ini memiliki fitur menarik seperti tempat pengisian daya USB dan lainnya yang menjadi keunggulan dibandingkan dengan jenis kursi roda lain.
  • Kenyamanan Pengguna: Kursi roda ini memiliki fitur yang dudukan yang lebar sehingga nyaman ketika digunakan

Kekurangan

  • Harga yang lebih tinggi: Karena memiliki fitur yang menarik dan lengkap, tentunya harga dari kursi roda ini akan lebih tinggi dibandingkan dengan kursi roda manual.
  • Keterbatasan di medan kasar: Kursi roda ini cocok digunakan diluar ruangan namun dalam kondisi jalan yang datar dan rata. Kursi roda elektrik mungkin tidak cocok untuk medan yang kasar ataupun tanah tidak rata.
  • Perawatan dan Reparasi: Sama seperti alat elektronik lainya, kursi roda elektrik juga memerlukan perawatan untuk menjaga fungsinya dengan baik.

Kursi roda GEA D130FL merupakan pilihan yang tepat jika ingin mencari kursi roda elektrik namun tetap dapat dijadikan travel karena ukurannya yang dapat dilipat menjadi kecil. Kursi roda ini dapat dibeli secara langsung maupun online di toko Galeri Medika. Selain kursi roda ini, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.redmanpowerchair.com/different-types-of-wheelchairs/
https://www.medicalogy.com/blog/7-ragam-kursi-roda-unik-dan-bermanfaat-untuk-segala-kondisi/