Antropometri merupakan sebuah ilmu yang mempelajari pengukuran manusia khususnya bentuk fisik tubuh manusia. Antropometri berasal dari bahasa yunani yaitu “Anthropos” yang berarti manusia dan “Metron” yang artinya ukuran. Pemeriksaan antropometri ini dilakukan untuk mengevaluasi ukuran tubuh manusia sehingga dapat mengetahui status gizi seseorang dan mendiagnosis resiko masalah kesehatan.

Dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, pemerintah Indonesia melalui kementerian kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan inovasi program tentang alat bantu yang dirancang untuk memantau gizi dan kesehatan individu seseorang. Alat tersebut merupakan sekumpulan alat yang dapat mengetahui ukuran manusia atau biasa disebut dengan Antropometri Kit.

Antropometri kit merupakan alat yang dirancang untuk memberikan informasi lebih lanjut mengenai status gizi dan pertumbuhan seseorang, mulai dari tinggi badan, berat badan, lingkar kepala dan lainnya. Alat ini sangat penting dalam mendukung program gizi yang bertujuan mengurangi angka malnutrisi dan meningkatkan kesehatan umum.

Antropometri kit tidak hanya dapat membantu mengumpulkan data penting tentang status gizi, tetapi juga dapat menjadi bahan dalam menganalisis mengenai pertumbuhan dan perkembangan seseorang sehingga jika ada kelainan dalam pertumbuhan maka dapat diidentifikasi sejak dini. Kemenkes telah mengeluarkan peraturan standar terkait isi dari antropometri kit yang harus dapat memantau empat parameter. Antropometri kit yang dapat dipilih yaitu antropometri kit dari Galer! Med!ka yang sudah sesuai standar Kemenkes.

Review Antropometri Kit Set Lengkap Kemenkes

Review Antropometri Kit Set Lengkap

Antropometri kit set lengkap dari galeri medika ini merupakan alat cek antropometri yang sudah sesuai dengan peraturan mengenai standar antropometri yang dapat memantau pertumbuhan anak berdasarkan umur dan hasil pengukuran. Berikut merupakan alat-alat yang ada dalam set lengkap Antropometri kit.

1. Timbangan Badan Digital

Timbangan badan digital merupakan alat ukur berat badan seseorang secara digital. Dalam set lengkap antropometri kit Galeri medika menawarkan dua produk yaitu Timbangan badan digital GEA EB9350 dan OneHealth EB1612H.

  • GEA EB9350
    Timbangan GEA EG950 merupakan timbangan digital yang memiliki desain elegan dan slim sehingga cocok digunakan dimana saja. Timbangan ini terbuat dari kaca berkualitas tinggi sehingga tidak mudah pecah dan mampu menopang beban maksimal hingga 150 kg. Memiliki teknologi empat sensor menjadikan hasil pengukuran yang lebih akurat. Fitur lainnya dari timbangan ini yaitu auto zero, auto off, indikator low power, dan overload.
  • OneHealth EB1612H
    Timbangan OneHealth 1613 merupakan timbangan badan digital yang memiliki bahan dari tempered glass yang tebal sehingga mampu menopang beban sampai 150 kg. Memiliki LCD backlight yang menyala, menjadikan hasil pengukuran akan terlihat lebih jelas. Timbangan ini memiliki fitur lengkap seperti auto zero, auto off, indikator baterai lemah, dan indikator kelebihan beban.
Review Antropometri Kit Set Lengkap Kemenkes

2. Timbangan Bayi Digital

Timbangan bayi berbeda dengan timbangan biasa pada umumnya. Timbangan bayi dilengkapi dengan alas atau baki untuk menyimpan bayi dalam posisi tertidur. Dalam set antropometri kit, timbangan bayi tersedia dua produk yaitu timbangan bayi GEA ER7220 dan timbangan bayi OneHealth B01.

  • GEA ER7220
    Timbangan bayi GEA 7220 merupakan alat ukur berat badan khusus bayi secara digital. Memiliki layar LCD backlight yang cukup besar sehingga memudahkan dalam membaca hasil pengukuran. Timbangan ini dilengkapi dengan dua unit pengukuran kg dan lb dengan maksimum beban hingga 25 kg. Fitur lainnya yaitu memiliki memori hasil pengukuran terakhir, indikator kelebihan berat, auto off, dan indikator baterai lemah.
  • OneHealth B01
    Timbangan bayi digital OneHealth B01 merupakan alat ukur berat badan bayi usia 0-2 tahun yang terbuat dari material ABS kuat hingga dapat menopang beban maksimal 20 kg. Timbangan ini dilengkapi dengan lagu yang akan menyala ketika melakukan pengukuran. Fitur ;lain dari timbangan ini adalah menggunakan tombol sensor sentuh, fungsi tare, dan memiliki dua unit pengukuran kg dan lb.

3. Alat Ukur Panjang Bayi

Alat ukur panjang bayi atau Stature Gauge merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang atau tinggi bayi. Dalam antropometri kit dari Galeri Medika tersedia dua varian yaitu Alat ukur panjang bayi GEA WB-C dan OneHealth WB-C.

  • GEA WB-C
    Alat ukur tinggi bayi GEA WB-C stature gauge merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang atau tinggi bayi. Memiliki desain yang sederhana dan mudah digunakan karena cukup menidurkan bayi diatas alat ini kemudian mengangkat ujung alat lalu dan meletakkannya di ujung kaki bayi sehingga dapat diketahui tinggi bayi tersebut. Terbuat dari bahan plastik dan karet dengan panjang maksimal 100 cm.
  • OneHealth WB-C
    One Health WB-C merupakan alat ukur panjang bayi atau tinggi bayi yang terbuat dari bahan plastik dan karet dengan kapasitas panjang maksimal hingga 100 kg. Cara menggunakannya mudah yaitu dengan meletakan bayi diatas alat ini lalu menarik ujung pada alat hingga ujung kaki bayi sehingga dapat diketahui nilai tinggi bayi.
Review Antropometri Kit Set Lengkap Kemenkes

4. Alat Ukur Kepala dan Lengan Bayi

Alat ukur kepala dan lengan bayi merupakan alat yang digunakan untuk mengukur lingkar kepala dan lengan bayi. Mengukur lingkar kepala dapat memantau pertumbuhan otak dan perkembangan neurologis bayi. Jika pertumbuhan lingkar kepala tidak sesuai dengan rentang normal, maka dapat menunjukan masalah kesehatan tertentu seperti gangguan pertumbuhan ataupun malnutrisi.

Mengukur lingkar lengan merupakan indikator yang penting dalam melihat status gizi bayi. Hal tersebut karena ukuran lengan dapat mencerminkan massa otot dan lemak tubuh. Kedua alat tersebut berperan sangat penting dalam penilaian kesehatan anak karena dapat memberikan informasi mengenai perkembangan fisik. Alat ukur kepala dan lengan bayi dalam Antropometri kit set yaitu menggunakan produk dari OneHealth OD235.

OneHealth OD235 merupakan pita pengukur atau waist ruler yang dapat digunakan untuk mengukur lingkar tubuh seperti lingkar kepala dan lingkar lengan. Terbuat dari bahan plastik ABS dan PVC Ruler yang memiliki panjang hingga 150 cm. Pengukuran mudah yaitu dengan menarik pita dan untuk menggulungnya yaitu hanya dengan menekan tombol yang ada pada pita. Memiliki pita penggaris dua sisi, pita pengukur sisi luar digunakan untuk mengukur lingkar tubuh dan pita pengukur sisi dalam digunakan untuk pengukuran biasa.

5. Alat Ukur Tinggi Badan Manual

Alat ukur tinggi badan manual dapat digunakan untuk mengukur tinggi badan seseorang. Pengukuran tinggi badan memiliki fungsi dalam pemantauan gizi, kesehatan, dan untuk mengetahui BMI atau massa indeks tubuh seseorang. Jika pertumbuhan tinggi tidak sesuai dengan seharusnya, maka anak tersebut memiliki resiko kesehatan tertentu. Dalam set antropometri kit ini, alat ukur tinggi badan manual menggunakan produk dari OneHealth stadiometer.

OneHealth Stadiometer merupakan alat ukur yang berfungsi untuk mengukur tinggi badan seseorang yaitu dengan menarik slider yang terpasang pada penggaris kemudian diletakan diatas kepala. Penggaris terbuat dari bahan alumunium yang memiliki skala jelas dan akurat dengan alas yang terbuat dari baja lebar dan tebal. Pemasangan alat ini cukup mudah, memiliki ketinggian minimum 85 cm dan maksimum 210 cm.

6. Tas Antropometri Kit

Selain produk yang sudah dijelaskan, dalam satu set lengkap antropometri kit ini sudah dilengkapi dengan tas penyimpanan sehingga alat-alat ukur antropometri dapat disimpan dalam satu tempat menjadi lebih rapi, efisien, dan mudah dibawa kemana saja tanpa takut ada yang terlupakan atau tertinggal.

Antropometri Kit Set Lengkap Ekonomis Kemenkes

Antropometri Kit Set Lengkap Ekonomis Kemenkes

Antropometri Kit atau stunting kit merupakan perlengkapan yang digunakan untuk pemantauan pertumbuhan balita terdiri dari alat ukur berat badan bayi (baby scale), alat ukur berat badan injak digital, alat ukur panjang badan, alat ukur tinggi badan, alat ukur lingkar lengan atas, dan alat ukur lingkar kepala.

Isi Paket Antropometri Kit

  • Timbangan badan digital (GEA EB9350 / OneHealth EB1612H)
  • Timbangan bayi digital (GEA ER7220 / OneHealth B01)
  • Alat ukur panjang bayi (GEA / OneHealth)
  • Alat ukur lingkar kepala dan lengan bayi (OneHealth OD-235)
  • Alat ukur tinggi badan manual (OneHealth Stadiometer)
  • Tas antropometri kit

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Antropometri kit ini sangat berguna dalam penilaian status gizi dan kesehatan secara keseluruhan. Penggunaan alat ini dapat membantu tenaga kesehatan dalam mengidentifikasikan masalah sejak dini sehingga dapat memberikan program gizi dengan benar. Antropometri kit set lengkap ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain antropometri kit, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.