Malam hari sering menjadi waktu yang tepat untuk memiliki keinginan untuk mengkonsumsi cemilan. Tentunya setelah beraktivitas seharian, tubuh terkadang ingin mengkonsumsi cemilan yang dapat meningkatkan mood setelah melakukan aktivitas yang melelahkan sepanjang hari. Namun, mengkonsumsi cemilan pada malam hari sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan, sehingga terkadang beberapa orang lebih memilih untuk tidak ngemil di malam hari.

Mengkonsumsi cemilan pada malam hari tidak selalu identik dengan kenaikan berat badan. Dengan memilih cemilan sehat, kaya akan nutrisi dan rendah kalori, maka kamu dapat mengkonsumsi cemilan walaupun pada malam hari tanpa memikirkan berat badan yang akan meningkat. Dalam artikel ini akan membahas beberapa rekomendasi cemilan malam yang cocok dikonsumsi tanpa bikin gemuk.

Pilihan Cemilan Sehat Untuk Malam Hari dan Tidak Bikin Gemuk!

Cemilan Sehat untuk Malam Hari dan Tidak Bikin Gemuk

Cemilan malam tidak selalu identik dengan tinggi kalori yang dapat meningkatkan berat badan. Banyak cemilan bergizi yang dapat dipilih agar tetap bisa ngemil di malam hari tanpa khawatir akan gemuk. Berikut merupakan beberapa cemilan diantaranya:

1. Sereal

Sereal tidak hanya dikonsumsi untuk sarapan, tetapi sereal juga cocok dikonsumsi pada malam hari terutama saat bersantai. Sereal dari biji-bijian utuh seperti oatmeal atau corn flakes adalah sumber serat yang baik dan umumnya lebih padat nutrisi. Sereal juga merupakan makanan instan yang dapat dimasak dengan mudah yaitu dengan menambahkan susu panas atau air panas saja maka sudah dapat jadi cemilan yang sehat.

174 gram oatmeal atau 3/4 porsi dengan air panas mengandung sekitar 124 kalori. Sedangkan, untuk satu cangkir cornflakes dengan tambahan setengah cangkir susu mengandung 145 kalori. Biasa dikombinasikan dengan topping yang diinginkan, seperti buah buahan segar, yoghurt, susu, dan lainnya. Batasi dalam menambahkan toping, pastikan untuk tidak melebihi 300 kalori.

2. Telur

Telur merupakan salah satu sumber makanan yang sangat berguna dalam berbagai jenis cemilan. Misalnya dapat mengkonsumsi telur dengan cara direbus lalu dikonsumsi secara langsung, atau jika memiliki waktu luang yang cukup maka dapat dijadikan salad telur dan mengoleskannya pada biskuit.

Satu butir telur mengandung 72 kalori dan 6 gram protein. Selain sebagai cemilan yang mengenyangkan telur juga merupakan makanan yang merupakan sumber makanan tinggi protein sehingga cocok dikonsumsi pada malam hari tanpa khawatir akan gendut. Pastikan memasak telur tanpa menggunakan minyak tambahan agar meminimalkan kalori yang masuk kedalam tubuh.

Pilihan Cemilan Sehat Untuk Malam Hari dan Tidak Bikin Gemuk!

3. Strawberry

Jika ingin mengkonsumsi camilan yang banyak dan tidak mengandung kalori tinggi, maka pilihlah strawberry segar. Strawberry merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Satu cangkir strawberry atau sekitar 166 gram mengandung kalori sebesar 53 kalori saja, sehingga dapat mengkonsumsi dua gelas strawberry tetap jauh dibawah 200 kalori.

Sebagai tambahan, bisa mencampurkan strawberry dengan keju sebanyak 28 gram memiliki sekitar 95 kalori dengan tambahan protein sebesar 6 gram. Sehingga selain mengenyangkan tetapi juga sehat karena memiliki kandungan protein tambahan.

4. Ceri

Ceri mengandung fitokimia procyanidin B-2, senyawa yang berfungsi untuk melindungi asam amino tryptophan dalam darah. Selain itu, buah ceri juga memiliki kandungan melatonin yang relatif kecil sehingga dapat membantu tidur dengan lebih baik. Ceri juga memiliki manfaat lain yaitu sifat anti-inflamasi dan dapat melindungi terhadap kondisi kesehatan jantung.

Ceri ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus ceri. Satu gelas jus ceri 240 ml atau sekitar 8 gram mengandung 159 kalori, sedangkan 1/4 cangkir ceri segar sekitar 40 gram mengandung 133 kalori. Ceri segar ataupun jus ceri cocok dikonsumsi ngemil di malam hari karena dapat membantu tidur menjadi lebih baik.

5. Pisang dan Selai Kacang Almond

Satu buah pisang kecil dengan tambangan satu sendok selai kacang almond tanpa gula merupakan salah satu cemilan yang lezat dan sehat dengan 190 kalori yang dapat dipilih untuk ngemil di malam hari.

Pisang merupakan buah yang dikenal kaya akan serotonin dan kacang almond atau selai kacang almond merupakan sumber lemak sehat, vitamin E, dan magnesium yang baik. Mengkonsumsi pisang dengan kacang almond dapat meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh sehingga dapat tidur dengan nyenyak dan tidak perlu khawatir akan meningkatkan berat badan, karena hanya memiliki kandungan kalori sekitar 190 saja.

Pilihan Cemilan Sehat Untuk Malam Hari dan Tidak Bikin Gemuk!

6. Trail Mix

Trail mix atau campuran makanan ringan ini biasanya merupakan kombinasi dari granola, buah kering, dan kacang-kacangan. Trail mix ini dapat menjadi camilan yang dibeli dalam keadaan sudah jadi atau dapat membuatnya sendiri. Selain merupakan cemilan sehat, trail mix juga mengandung lemak sehat, vitamin B, dan mineral yang baik untuk tubuh serta membuat tidur lebih pulas.

Buah kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber serat yang umum. Campurkan bahan tersebut menjadi 38 gram atau sekitar 1/4 cangkir untuk dikonsumsi malam hari. Karena bahan-bahan tersebut memiliki kalori yang padat, maka perlu diperhatikan terkait ukuran porsi yang dikonsumsi. 1/4 cangkir trail mix atau sekitar 38 gram mengandung 173 kalori.

7. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan sumber kalsium yang sangat baik. Yoghurt telah dikenal cukup lama untuk menjaga kekuatan tulang dan dapat membantu tidur menjadi lebih baik. Pilihlah yoghurt plain tanpa tambahan apapun seperti yoghurt Yunani, selain tinggi kalsium tentunya tinggi protein juga.

Mengkonsumsi protein di malam hari dapat mengurangi rasa lapar keesokan paginya. Jika pilihan yoghurt plain, maka dapat diberi tambahan buah segar seperti beri atau peach. Satu gelas yoghurt plain 170 gram mengandung 104 kalori. Menambahkan 1/2 cangkir atau 75 gram blueberry sebagai perasa maka dapat menjadi 147 kalori saja.

8. Edamame

Edamame atau kedelai hijau yang belum matang merupakan salah satu alternatif sebagai cemilan jika lapar di malam hari. Edamame merupakan sumber protein dan tryptophan yang sangat baik dan 78 gram atau 1/2 cangkir hanya memiliki 94 kalori saja.

Campurkan edamame segar dengan garam dan merica untuk cemilan sehat di malam hari. Selain itu, edamame juga dapat digunakan sebagai pengganti kacang dalam resep makanan favoritmu. Jika ingin alternatif lain maka dapat memanggang edamame sebanyak 1/4 cangkir atau 30 gram mengandung 130 kalori.

Pilihan Cemilan Sehat Untuk Malam Hari dan Tidak Bikin Gemuk!

9. Popcorn

Popcorn adalah cemilan malam yang sangat baik karena dapat makan dalam jumlah banyak tanpa perlu mengkhawatirkan jumlah kalori. Tiga cangkir popcorn yang diolah tanpa minyak mengandung kurang dari 100 kalori dan sekitar 4 gram serat. Popcorn dapat diolah dengan mencampurkan mentega dan sedikit rempah-rempah kering untuk camilan malam yang sehat.

10. Biskuit dan Keju

Camilan yang memiliki karbohidrat dan protein seimbang seperti biskuit gandum dan keju dapat menjadi pilihan untuk cemilan di malam hari. Cemilan ini juga mengandung senyawa tryptophan yang dapat membuat serotonin dan melatonin sehingga membantu tidur.

Pastikan porsi yang dikonsumsi juga sesuai jangan sampai terlalu banyak karena beberapa jenis keju mengandung kalori yang tinggi. Satu porsi atau 4 biskuit gandum utuh (16 gram) dan satu batang keju cheddar rendah lemak (28 gram) memiliki sekitar 145 kalori saja.

Dengan berbagai pilihan cemilan sehat yang sudah dijelaskan, maka sekarang tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi cemilan saat malam hari dan harus memikirkan kenaikan berat badan. Pilihlah cemilan yang enak dan mengandung nutrisi seimbang sehingga dapat memberikan rasa kenyang dan membuat tidur lebih berkualitas.

Cemilan yang sudah dijelaskan dapat dikonsumsi pada malam hari terutama bagi seseorang yang sedang diet tanpa harus takut gemuk. Agar lebih pasti, ketika sudah ngemil di malam hari maka yang harus dilakukan adalah menimbang berat badan agar tau apakah ada perubahan yang drastis atau tidak. Timbangan berat badan dapat dibeli di Toko Galeri Medika. Selain timbangan berat badan, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellfit.com/healthy-midnight-snacks-4097329
https://www.healthline.com/nutrition/healthy-late-night-snacks#crackers-and-cheese
https://www.goodhousekeeping.com/health/diet-nutrition/a39308703/healthy-late-night-snacks/