Mau punya tubuh ideal? Selain olahraga dan diet yang teratur, memantau komposisi tubuh juga penting banget, lho. Komposisi tubuh adalah semua komponen yang menyusun tubuh mulai dari persentase lemak, massa otot, kadar air, dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu alat yang dapat memberitahu komposisi tubuh adalah Timbangan kadar lemak atau timbangan komposisi tubuh.

Timbangan komposisi tubuh ini sangat mudah digunakan, seperti timbangan digital pada umumnya. Cara kerja dari alat ini yaitu menggunakan sensor yang mengukur tingkat hambatan arus listrik yang mengalir pada kaki dan panggul. Arus listrik yang terhambat itu disebabkan oleh adanya lemak tubuh.

Lemak memberikan lebih banyak hambatan dibandingkan dengan otot dan air.Oleh karena itu, nilai hambatan yang lebih tinggi itulah menghasilkan perhitungan lemak tubuh.

Dari Murah Hingga Mahal: Ini Perbandingan Timbangan Lemak Digital! Mana yang Lebih Worth It ya?

Apakah Timbangan Lemak Menghasilkan Nilai yang Akurat?

Secara umum, timbangan komposisi tubuh ini memberikan perkiraan kasar. Meskipun aman digunakan, tetapi banyak variabel yang dapat mempengaruhi hasil pengukuran. Mulai dari jenis kelamin, usia, tinggi badan, dan lainnya.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa dalam mengukur komposisi tubuh yang akurat menggunakan metode BIA (Bioelectrical Impedance Analysis) dengan rumus matematika standar. Namun, timbangan lemak tubuh yang diuji tidak menggunakan rumus yang akurat untuk memperkirakan persentase lemak tubuh, sehingga menghasilkan perkiraan yang kurang akurat.

Timbangan ini memang tidak begitu akurat dibandingkan uji laboratorium, namun keuntungan menggunakan timbangan ini adalah mengetahui perkiraan total lemak dalam tubuh dengan mudah sehingga dapat menjaga pola makan serta meningkatkan kesehatan tubuh dengan mudah hanya dengan menimbang di rumah.

Timbangan komposisi tubuh tersedia di pasaran mulai dari timbangan komposisi tubuh dengan harga terjangkau hingga harga yang sangat mahal. Tentunya fitur serta akurasinya akan berbeda satu dengan yang lainnya dan pastinya setiap produk ada keunggulan serta kelebihan masing-masing. Timbangan komposisi tubuh ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galer! Med!ka.

Perbandingan Timbangan Komposisi Tubuh

Berikut merupakan beberapa perbandingan timbangan komposisi tubuh yang memiliki harga berbeda.

Type Model
Onemed 825

Karada Scan HBF-375

SR-HW05
MerkOnemedOmronSerenity
LayarLCDLCDLCD Berwarna
Memori-4 Pengguna (90 Hari)-
Pengukuran Tinggi--Ultrasonic
Akurasi10 gram0.1- 40.0 kg ±0.4 kg, 100.0 - 199.5 kg ±1%Berat: 0.3-200 kg ± 0.05 kg Tinggi: 90-195 cm ± 0.5 cm
Mode PengukuranBerat badan, Kadar lemak, BMI, tulang, otot, kalori, serta lebih dari 10 pengukuran lainnya yang terlihat pada aplikasiBerat badan, BMI, lemak, otot, lemak visceral, usia tubuh, dan resting metabolismeBerat badan, tinggi badan, lemak tubuh, BMI, Otot, air, tulang, dan kalori
Elektroda8 Sensor (4 alas dan 4 handle)8 Sensor (4 alas dan 4 handle)4 Sensor pada alas
Hasil Pengukuran Hanya sebagian yang terlihat pada layarSemua terlihat pada layarSemua terlihat pada layar dan bisa langsung dicetak
Membutuhkan Aplikasi TambahanYa, Moving Life--
Beban Maksimum180 kg135 kg200 kg
Tinggi Maksimum--195 cm
Indikator Overload--Ya
Indikator Low BateraiYaYa-
Fitur lain Bluetooth-
  • Thermal Printer (Untuk cetak hasil pengukuran)
  • Voice broadcast
Baterai4 x AA battery Alkaline4 x AA battery Alkaline4x 7AAA atau 6V DC Power Supply
Keunggulan
  • Memiliki banyak hasil/variabel pengukuran
  • Dilengkapi dengan Bluetooth
  • Harga cenderung mmurah
  • Tampilan grafis pada monitor
  • Penyimpanan data 4 Pengguna
  • Pengukuran tinggi ultrasonic
  • Dilengkapi thermal printer
  • Voice broadcast
KekuranganHasil pengukuran lainnya membutuhkan aplikasi tambahan tidak ditampilkan di layar secara langsung
  • Hasil atau variabel pengukuran sedikit
  • Memori hasil pengukuran expired dalam 90 hari
  • Ukuran besar jadi sulit dipindahkan dan cukup berat
  • Harga cukup mahal
Pemesanan

Dibilang worth it? ya worth it semua sih tergantung dimana timbangan ini dipakainya misal untuk penggunaan pribadi bisa pake yang gak butuh banyak user. Atau kalau dipakai sekeluarga bisa pertimbangkan yang banyak user. Kalo buat ditempat umum kaya gym, sekolah, rumah sakit, dan lainnya bisa pake yang data hasil pengukurannya langsung di print jadi gak repot-repot bergantian datanya.

Nah, pemilihan timbangan ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Kalo mau beli timbangan ini bisa kunjungi Toko Kami yaitu Galeri Medika. Selain timbangan komposisi tubuh, Galeri Medika juga menyediakan semua jenis alat kesehatan, lho! dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.healthline.com/health/body-fat-scale-accuracy#other-measurement-tools
https://serenityindonesia.com/product/ultrasonic-body-fat-analyser-sr-hw05/
https://www.omronhealthcare-ap.com/id/product/305-hbf-375
https://www.medicalnewstoday.com/articles/body-fat-scale-accuracy#body-fat-vs-bmi