Dalam situasi darurat, setiap detik merupakan waktu yang sangat berharga. Alat medis yang krusial dalam penanganan kondisi darurat adalah tandu. Dalam situasi darurat, pemilihan tandu yang tepat dapat menjadi penentu keberhasilan penyelamatan. Namun, terdapat beragam jenis tandu yang tersedia, sehingga memilih tandu yang sesuai bukanlah hal yang mudah.

Salah satu jenis tandu yang digunakan dalam keadaan darurat adalah Spinal Board. Spinal board atau papan tandu darurat merupakan salah satu jenis tandu yang biasa digunakan dalam evakuasi korban, terutama bagi korban yang mengalami cedera tulang belakang yang harus dilakukan dengan cepat sehingga mencegah kerusakan yang lebih parah.

Namun, tidak semua jenis spinal board cocok digunakan di lapangan. Beberapa spinal board dirancang khusus untuk digunakan di Rumah sakit, dan yang lainnya cocok digunakan untuk tempat yang sulit dijangkau seperti lapangan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis-jenis spinal board sehingga dapat memilih alat yang sesuai dengan kondisi lapangan.

Pentingnya Memilih Spinal Board yang Tepat: Jenis-jenis dan Kegunaan

Jenis-Jenis Spinal Board

Spinal board ini memiliki beberapa jenis yang berbeda, Berikut merupakan jenis-jenis spinal board atau papan tandu darurat:

1. Spinal Board Vakum

Spinal Board adalah salah satu jenis spinal board yang digunakan untuk memindahkan pasien yang tidak dapat berjalan atau kesulitan berjalan menuju ambulan. Spinal board vakum ini bekerja dengan membungkus korban kecelakaan tulang belakang, trauma lengan dan kaki, serta cedera tulang lainnya karena memberikan fitur imobilisasi yang sempurna.

Keunggulan: Mudah digunakan, bentuk dapat disesuaikan, ringan, dan efektif dalam memberikan imobilisasi
Kekurangan: Perlu beberapa waktu dalam memompanya dan memerlukan perawatan khusus

2. Spinal Board Rigid

Spinal board rigid merupakan salah satu jenis tandu yang terbuat dari bahan yang keras dan kaku. Papan ini dapat memberikan imobilisasi yang sangat kuat namun kurang fleksibel dibandingkan dengan spinal board.

Keunggulan: Sangat kokoh, mudah dibersihkan, dan tahan lama
Kekurangan: Sulit mengikuti bentuk tubuh dan berat

Pentingnya Memilih Spinal Board yang Tepat: Jenis-jenis dan Kegunaan

3. Long Spinal Board

Long spinal board merupakan tandu papan yang paling umum digunakan. Terbuat dari bahan lama dan kuat yang mampu menjaga tulang belakang untuk meminimalisir terjadinya kondisi buruk pada korban atau pasien. Biasanya untuk mengevakuasi korban cedera punggung.

Keunggulan: Lebih fleksibel dibandingkan dengan spinal board rigid
Kekurangan: Berat dan lebih panjang

4. Spinal Board Skop

Spinal board jenis ini memiliki desain yang unik yaitu terbagi menjadi dua bagian yang dapat dipisahkan dan digabungkan kembali. Tandu ini biasanya berfungsi untuk mengevakuasi pasien dari tempat yang sempit atau sulit terjangkau.

Keunggulan: Mudah dibawa, disimpan, dan digunakan di tempat sempit
Kekurangan: Kurang stabil dibandingkan dengan spinal board jenis lainnya, terutama bagi pasien obesitas

Pentingnya Memilih Spinal Board yang Tepat: Jenis-jenis dan Kegunaan

5. Spinal Board Pediatric

Spinal board pediatric adalah salah satu jenis spinal board yang dirancang khusus untuk anak-anak dengan ukuran yang lebih kecil dan anatomi yang berbeda. Dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan untuk memberikan kenyamanan dan perlindungan bagi anak.

Keunggulan: Cocok untuk anak-anak dan memberikan perlindungan ekstra
Kekurangan: Hanya dapat digunakan untuk anak-anak

Itulah beberapa jenis spinal board yang memiliki fungsi berbeda dan memiliki keunggulan serta kekurangan masing-masing. Pemilihan spinal board yang tepat tergantung pada kondisi pasien, jenis cedera, dan sumber daya yang ada. Dalam situasi darurat, tenaga medis harus memilih spinal board yang sesuai untuk memberikan imobilisasi yang optimal dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada tulang belakang.

Spinal board ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain spinal board, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.annemergmed.com/article/S0196-0644(06)00688-3/fulltext
https://www.annemergmed.com/article/S0196-0644(06)00688-3/fulltext
https://www.medicalogy.com/blog/fungsi-spinal-board-untuk-emergency-evacuation/
https://serenityindonesia.com/fungsi-long-spine-board-dan-produk-rekomendasi-terbaik/