Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang ditemukan di dalam tubuh dan merupakan komponen yang penting bagi kesehatan. Kolesterol diproduksi melalui organ hati dan diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti daging, telur, serta produk susu lainnya. Kolesterol ini memiliki berbagai jenis yang ada pada tubuh seperti kolesterol baik atau HDL, kolesterol jahat atau LDL, dan trigliserida namun jenis kolesterol ini tidak begitu berpengaruh dan tidak begitu umum.

Nilai Kolesterol HDL dan LDL Berdasarkan Usia

Jenis-Jenis Kolesterol

Kolesterol ini berada di dalam darah dan dibawa oleh partikel khusus yang disebut dengan lipoprotein. Dua jenis utama lipoprotein pengangkut kolesterol adalah:

  1. LDL (Low Density Lipoprotein): LDL sering disebut dengan kolesterol jahat karena jumlahnya yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di dinding arteri sehingga membentuk plak. Plak tersebut dapat mengeras dan menyempitkan arteri sehingga menjadi resiko penyebab penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, umumnya disarankan untuk selalu menjaga kadar LDL tetap rendah untuk mencegah pembentukan plak.
  2. HDL (High Density Lipoprotein): HDL atau kolesterol baik karena memiliki fungsi untuk menyerap kolesterol berlebih didalam darah dan membawanya kembali ke hati untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Kadar HDL yang tinggi mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan stroke dengan mencegah penumpukan kolesterol di arteri. Umumnya, ketika kadar HDL yang tinggi maka dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Kombinasi dari kolesterol LDL dan HDL disebut dengan kolesterol total. Kolesterol total ini mencangkup semua jenis kolesterol yang ada dalam aliran dalam darah. Membagi jumlah total kolesterol dengan jumlah kolesterol HDL akan memberikan rasio kolesterol yang digunakan untuk memprediksi risiko terhadap serangan jantung atau stroke dalam jangka waktu lama. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kolesterol yaitu makanan yang dikonsumsi, aktivitas fisik, berat badan, genetik, dan kondisi kesehatan lainnya.

Nilai Kolesterol HDL dan LDL Berdasarkan Usia

Nilai Kolesterol pada Dewasa

Nilai kolesterol ini dapat diketahui dengan melakukan pengecekan darah dalam satuan mg/dL atau miligram per desiliter. Berikut merupakan nilai kolesterol untuk dewasa:

  1. Kolesterol Total
    Baik: < 200
    Batas: 200-239
    Tinggi: > 240
  2. Kolesterol HDL
    Baik: > 60
    Batas: -
    Rendah: < 40
  3. Kolesterol LDL
    Baik: > 100
    Batas: 130-159
    Tinggi: >160
  4. Triglyceride
    Baik: < 149
    Batas: 150-199
    Tinggi: > 200

Angka tersebut merupakan batasan yang umumnya pada wanita dan pria lebih dari 20 tahun. Namun, biasanya wanita sebaiknya memiliki kadar HDL yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria.

Nilai Kolesterol HDL dan LDL Berdasarkan Usia

Nilai Kolesterol pada Anak-anak

Selain pada orang dewasa, kolesterol juga dapat berpengaruh terhadap anak-anak. Beberapa faktor yang mempengaruhi resiko anak mengalami kolesterol tinggi yaitu:

  • Aktivitas fisik
  • Pola makan
  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Riwayat keluarga yang memiliki kolesterol tinggi

Sebaiknya anak dilakukan pemeriksaan kolesterol pada usia 9-11 tahun dan pada usia 17-21 tahun. Namun, anak-anak yang memiliki kondisi diabetes atau obesitas mungkin perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih sering. Berikut merupakan nilai kolesterol untuk anak-anak dalam satuan mg/dL.

  1. Total Kolesterol
    Baik: < 170
    Batas: 170-199
    Tinggi: >200
  2. Kolesterol HDL
    Baik: >45
    Batas: 40-45
    Rendah: <40
  3. Kolesterol LDL
    Baik: < 110
    Batas: 110-129
    Tinggi: >130
  4. Trigliserida
    Baik: < 75
    Batas: 75-99
    Tinggi: >100
Nilai Kolesterol HDL dan LDL Berdasarkan Usia

Memantau kadar kolesterol secara berkala dapat memberitahu terkait resiko dan menjaga kesehatan jantung anak. Biasanya kolesterol tinggi tidak akan menunjukan gejala yang jelas sehingga sangat penting untuk memeriksa kadar kolesterol secara rutin. Orang sehat dapat melakukan pemeriksaan setiap 4-6 tahun sekali. Tetapi, pastikan faktor resiko yang mungkin dimiliki pada kondisi tersebut seperti penyakit jantung dan diabetes maka harus sering dilakukan pemeriksaan lebih rutin.

Selain usia dan jenis kelamin, yang dapat mempengaruhi nilai kolesterol yaitu genetik, berat badan, gaya hidup, pola makan, makanan yang dikonsumsi, kebiasaan merokok, serta riwayat medis lainnya.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan kolesterol cukup mudah yaitu dengan melakukan perubahan pada gaya hidup menjadi lebih baik. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat menurunkan kadar kolesterol diantaranya adalah:

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan legum dapat mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, hingga kematian. Buah dan sayur kaya akan serat yang membantu meningkatkan kolesterol dan membantu membersihkannya dari tubuh.

2. Kurang Lemak Tidak Sehat

Lemak jenuh dan lemak trans adalah lemak padat yang dapat meningkatkan kolesterol dan dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri. Beberapa ahli menyarankan untuk mengurangi 6% lemak jenuh dari total asupan kalori setiap harinya. Makanan kaya akan lemak jenuh ini diantaranya adalah daging berlemak, gorengan, produk susu penuh lemak, dan makanan cepat saji.

Nilai Kolesterol HDL dan LDL Berdasarkan Usia

3. Tingkatkan Konsumsi Lemak Sehat

Lemak sehat seperti omega 3 dapat meningkatkan kadar HDL. Omega 3 biasanya ditemukan pada kacang, biji-bijian seperti biji rami, biji chia, kenari, ikan salmon, ikan sarden, dan minyak ikan. Dengan mengkonsumsi lemak sehat maka dapat terhindar dari penumpukan plak.

4. Olahraga Secara Teratur

Aktifitas fisik dan olahraga secara teratur dapat memberikan manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan jantung. Lakukan aktivitas fisik atau olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Lakukan mulai dari yang mudah untuk pertama kali lalu dapat melanjutkan dengan yang cukup berat.

5. Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan di perut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan terkait dengan kadar LDL yang lebih tinggi serta kadar HDL yang lebih rendah. Kehilangan berat badan sebanyak 5% hingga 10% dapat memperbaiki kadar kolesterol.

Memantau kolesterol secara rutin dapat mengurangi resiko kesehatan. Menjaga kadar kolesterol tetap dalam batasan normal merupakan cara terbaik dalam investasi terhadap kesehatan. Pantau kadar kolesterol menggunakan alat cek kolesterol yang dapat di beli di Toko Galeri Medika. Selain alat cek kolesterol, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/levels-by-age#treatment
https://www.verywellhealth.com/cholesterol-levels-by-age-chart-5190176#toc-what-are-cholesterol-levels