Pernahkah kamu bosan dengan menu diet yang itu-itu saja? Atau kamu udah sering diet tapi berat badan gak turun sama sekali? Tenang saja, kami tau solusinya! Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi minuman alami yang dapat membantu menurunkan berat badan, lho!

Kenapa minuman alami bisa efektif dalam menurunkan berat badan? Ada banyak alasan mengapa minuman ini cocok dikonsumsi saat diet. Pertama, minuman alami memiliki kandungan kalori yang rendah atau bahkan ada yang nol kalori.Selain itu, biasanya juga memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, serta nutrisi lainnya yang dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan membakar lemak lebih efektif.

Beberapa minuman alami ini dapat membantu dalam penurunan berat badan ketika dikonsumsi bersamaan dengan gaya hidup sehat dan olahraga teratur. Berikut merupakan beberapa minuman yang cocok dikonsumsi saat diet.

Minuman Alami Terbaik untuk Diet yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Minuman Alami Terbaik untuk Diet

Salah satu hal yang penting saat diet yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori yang rendah Berikut merupakan beberapa rekomendasi minuman alami yang dapat menurunkan berat badan:

1. Teh Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, beberapa penelitian menjelaskan bahwa jahe dapat membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan resiko diabetes. Selain itu, minuman jahe juga dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa 10 pria dengan berat badan berlebih, dan mengkonsumsi teh jahe hangat saat sarapan, hasilnya mereka mengalami rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan dibandingkan ketika sarapan tanpa mengkonsumsi teh jahe.

2. Minuman Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat, salah satu senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan dengan cara menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan membakar lemak. Meskipun penelitian masih terbatas, tetapi ada beberapa bukti bahwa cuka apel efektif dalam menurunkan berat badan.

Terdapat penelitian bahwa 144 orang dewasa yang obesitas mengkonsumsi rutin minuman dengan tambahan cuka apel 2 sendok makan (30 ml). Hasilnya, minuman tersebut efektif dalam menurunkan berat badan, mengecilkan lingkar pinggang, dan lemak perut secara signifikan.

Hal tersebut terjadi karena cuka apel memperlambat pengosongan lambung sehingga membantu merasa kenyang lebih lama dan dapat mengurangi makan berlebihan. Namun, perlu diingat bahwa cuka apel dapat merusak gigi sehingga disarankan selalu berkumur setelah mengkonsumsinya.

Minuman Alami Terbaik untuk Diet yang Dapat Menurunkan Berat Badan

3. Teh Hijau

Teh hijau ini dikenal dengan alasan yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya kaya akan antioksidan yang bermanfaat dan kaya akan nutrisi, tetapi teh hijau juga merupakan minuman efektif untuk penurunan berat badan. Teh hijau mengandung kandungan kafein dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 3 gram teh hijau per hari mengalami pembakaran lemak yang lebih besar selama olahraga dibandingkan dengan wanita yang tidak minum teh hijau.

Selain itu, minuman teh hijau juga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga mengurangi resiko terkena beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kardiovaskular, dan diabetes.

4. Air

Meningkatkan konsumsi air setiap hari merupakan salah satu cara yang paling efektif dan sederhana untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Minum lebih banyak air setiap hari terutama sebelum makan, dapat membantu mengurangi kalori dan menurunkan berat badan.

Terdapat penelitian pada 48 orang dewasa yang memiliki berat badan berlebih. Sebelum makan minum air sebanyak 500 ml dengan mengkonsumsi menu makanan rendah kalori, maka hasilnya mereka kehilangan 44% lebih banyak berat badan dalam 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang tidak minum air sebelum makan.

5. Jus Sayur

Jus sayur memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi 16 ons jus sayur rendah sodium dan diiringi dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori mengalami penurunan berat badan secara signifikan lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi jus sayur.

Perlu diingat, saat mengkonsumsi jus sayur pastikan untuk tidak memberikan tambahan gula atau lainnya yang mengandung tinggi kalori. Karena, asupan rendah kalori merupakan hal yang sangat penting dalam penurunan berat badan.

Minuman Alami Terbaik untuk Diet yang Dapat Menurunkan Berat Badan

6. Kopi

Kopi minuman yang paling sering dikonsumsi untuk meningkatkan energi dan suasana hati. Kopi mengandung kafein yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Selain itu, kafein juga dapat mempercepat dalam proses pembakaran lemak.

Sebuah penelitian pada 33 orang dewasa yang kelebihan berat badan meminum kopi yang mengandung kafein 6 mg per kilogram berat badan diiringi dengan makan rendah kalori menghasilkan bahwa menurunkan berat badan secara signifikan dibandingkan dengan orang yang tidak meminum kopi.

Selain mengkonsumsi minuman alami, untuk menurunkan berat badan juga perlu diiringi dengan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori dan olahraga secara teratur sehingga penurunan berat badan menjadi lebih efektif. Selain itu, selalu mengontrol berat badan dan komposisi tubuh juga merupakan hal yang penting saat diet.

Terkadang, ketika sedang menjalani diet namun berat badan tidak berkurang tetapi lingkar pinggang mengecil, hal tersebut mungkin terjadi karena adanya penurunan lemak tetapi kenaikan pada massa otot sehingga berat badan tidak berkurang. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengetahui komposisi tubuh, menggunakan timbangan khusus komposisi tubuh sehingga manajemen berat badan menjadi lebih mudah.

Timbangan komposisi tubuh ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika dengan berbagai merk dan tipe yang berbeda. Selain timbangan komposisi tubuh, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-drinks#TOC_TITLE_HDR_3
https://www.fitterfly.com/blog/homemade-drinks-to-lose-weight/
https://www.merdeka.com/jatim/13-minuman-diet-alami-kaya-manfaat-ampuh-bantu-turunkan-berat-badan-43346-mvk.html