Sedot lemak atau liposuction merupakan suatu jenis operasi kecantikan yaitu melakukan suatu proses untuk menghilangkan lemak dari tubuh dan memecahnya dan menghisapnya keluar tubuh menggunakan alat khusus. Namun perlu diketahui liposuction ini bukanlah suatu alat untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan maupun mengobati obesitas. Proses ini bertujuan untuk estetika sehingga cocok dilakukan oleh orang yang ingin mengubah dan meningkatkan kontur tubuh.

Sedot lemak ini secara permanen menghapus sel-sel lemak dan mengubah bentuk tubuh. Namun, jika pasien tidak melakukan gaya hidup sehat setelah operasi maka akan meningkatkan resiko sel lemak yang tersisa kembali membesar. Lemak yang diangkat ini harus sesuai dengan jumlah aman agar tidak menimbulkan resiko berbahaya bagi tubuh.

Manfaat Menggunakan Korset Pasca Operasi Sedot Lemak

Tujuan Sedot Lemak

Liposuction ini umumnya digunakan untuk meningkatkan penampilan bukan memberikan manfaat kesehatan fisik yang besar. Sebagian besar pasien akan memiliki hasil yang lebih baik diiringi dengan gaya hidup sehat, diet seimbang, olahraga teratur, dan pola tidur yang sehat.Ketika seseorang mengalami kenaikan berat badan, maka setiap sel lemak akan mengalami peningkatan ukuran dan volume. Kondisi inilah yang menyebabkan prosedur liposuction dilakukan. Beberapa area tubuh yang umumnya dilakukan perawatan sedot lemak adalah perut, punggung, pantat, dada, lutut dalam, pinggang, bawah dagu, lengan atas, dan paha.

Manfaat Sedot Lemak

Sedot lemak secara umum biasanya digunakan untuk tujuan kecantikan dan keindahan bentuk tubuh. Namun, terkadang liposuction juga dilakukan untuk tujuan kesehatan tertentu diantaranya:

  1. Limfedema: Kondisi dimana adanya cairan berlebihan yang dikenal sebagai limfa mengumpul di jaringan sehingga menyebabkan pembengkakan. Liposuction ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan, ketidaknyamanan, dan rasa sakit.
  2. Ginekomastia: Adanya penumpukan lemak dibawah payudara pria
  3. Sindrom Lipodistrofi: Lemak yang menumpuk di satu bagian tubuh dan menghilang di bagian lain. Sedot lemak ini dapat meningkatkan penampilan pasien dengan mendistribusikan lemak tubuh secara alami.
  4. Penurunan berat badan ekstrim setelah obesitas
  5. Lipoma: Tumor jinak berlemak
Manfaat Menggunakan Korset Pasca Operasi Sedot Lemak

Sedot lemak ini memiliki beberapa teknik yang ditawarkan diantaranya adalah tumescent liposuction, dry liposuction, liposuction ultrasonik, liposuction laser, dan masih banyak lagi. Selama proses operasi biasanya akan dilakukan sekitar 1-4 jam. Selain itu, ada juga teknik lain yang digunakan,

Proses pemulihan liposuction ini akan berlangsung selama beberapa minggu. Pada awalnya akan terasa pembengkakan dan rasa kebas di area yang sudah dilakukan operasi. Namun, dalam waktu sekitar tiga minggu maka tubuh akan memulai membentuk sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya ketika fase penyembuhan akan disarankan menggunakan korset untuk membantu proses penyembuhan dan mengurangi resiko pembengkakan yang berlebih.

Manfaat Menggunakan Korset Setelah Sedot Lemak

Prosedur sedot lemak dilakukan dengan menyedot lemak di area tertentu dengan teknik yang beragam sesuai dengan kebutuhan. Beberapa menjelaskan bahwa ketika sudah melakukan maka dianjurkan untuk memakai korset karena memiliki beberapa manfaat penting diantaranya adalah:

1. Mengurangi Pembengkakan

Penggunaan korset dapat membantu mengurangi pembengkakan di area yang menjalani sedot lemak karena dengan menggunakan korset maka akan memberikan tekanan yang merata sehingga dapat mengontrol penumpukan cairan di area tersebut.

2. Mempercepat Penyembuhan

Menggunakan korset dapat membantu mempercepat proses penyembuhan karena adanya tekanan yang tepat. Sehingga sangat penting untuk membantu jaringan kulit dan otot pulih dengan lebih baik setelah operasi.

3. Menjaga Bentuk Tubuh Setelah Sedot Lemak

Setelah sedot lemak, tubuh akan mengalami perubahan bentuk. Korset ini dapat membantu menjaga bentuk tubuh baru dengan memberikan dukungan pada area yang diobati.

Manfaat Menggunakan Korset Pasca Operasi Sedot Lemak

4. Memberikan Kenyamanan

Meskipun pada dasarnya korset ini memberikan tekanan, biasanya korset terbuat dari bahan yang nyaman dipakai sehingga memberikan kenyamanan bagi pasien saat proses penyembuhan.

5. Mengurangi Resiko Komplikasi

Dengan mengontrol pembengkakan dan memberikan dukungan yang tepat pada area yang diobati, korset dapat membantu mengurangi resiko komplikasi pasca operasi seperti adanya infeksi atau ketidaknyamanan yang berlebihan.

Penggunaan korset ini harus sesuai dengan anjuran dokter yang merawatnya sehingga penggunanya memberikan manfaat maksimal bagi proses penyembuhan dan bentuk tubuh setelah operasi. Korset yang digunakannya pun korset khusus untuk penyembuhan pasca operasi sedot lemak. Korset ini dapat ditemukan di toko Galeri Medika secara langsung maupun online. Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.ixoralifeclinic.com/en/what-are-the-advantages-of-using-corset-after-liposuction/
https://www.medicalnewstoday.com/articles/180450#operation
https://www.drumranmuslu.com/en/use-of-corset-after-liposuction-surgery/