Kualitas udara yang Kita hirup sangatlah penting untuk kesehatan. Saat ini banyak orang yang menghabiskan waktunya di dalam ruangan baik dirumah maupun di kantor. Namun, seringkali udara di dalam ruangan bisa terkontaminasi dari udara luar yang disebabkan oleh debu, asap rokok, polutan, jamur, dan lainnya. Menghirup udara yang kotor ini bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti batuk, alergi, bahkan penyakit pernapasan.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan air purifier. Air purifier ini merupakan sebuah perangkat yang dirancang untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Perangkat ini merupakan kombinasi dari penyaring internal dan sebuah kipas.

Manfaat Menggunakan Air Purifier untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Bagaimana Cara Kerja Air Purifier?

Air Purifier ini adalah pembersih udara portable yang menggabungkan filter dan kipas untuk menarik partikel yang tidak diinginkan dari udara di ruangan tertentu. Udara yang sudah disaring kemudian disirkulasikan kembali ke ruangan. Nah, proses penyaringan ini dilakukan beberapa kali dalam satu jam terus-menerus untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Pembersih udara ini menarik udara dalam ruangan lalu melewati filter, filter tersebut menangkap polutan dan mengembalikan udara bersih ke dalam ruangan. Beberapa pembersih udara dirancang untuk menghilangkan kontaminan tertentu seperti debu, jamu, atau bulu hewan. Bahkan pembersih udara juga bisa membantu menyaring asap atau bau yang tidak sedap.

Manfaat Menggunakan Air Purifier

Menggunakan air purifier ini memiliki banyak sekali manfaat mulai dari masalah kesehatan, masalah kebersihan, kenyamanan, dan lainnya. Berikut merupakan beberapa manfaat dalam menggunakan air purifier:

1. Meredakan Gejala Asma

Menurut penelitian, satu dari 12 orang memiliki kondisi asma, kondisi asma ini terjadi karena memiliki saluran bronkial yang meradang. Polutan seperti rambut, bulu hewan peliharaan, serbuk sari, tungau, debu, dapat menebabkan teriritasinya saluran pernapasan dan menyebabkan kesulitan bernapas.

Dengan menggunakan air purifier atau pembersih udara maka udara dalam suatu ruangan akan lebih bersih dan tentunya dengan menjaga udara tetap bersih dan bebas dari polutan maka dapat mengurangi kemungkinan bernapas akibat asma.

Manfaat Menggunakan Air Purifier untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

2. Menghilangkan Bahan Kimia Berbahaya

Meskipun didalam ruangan dan sudah menutup pintu serta jendela, tetapi tidak menutup kemungkinan masuknya polutan dari eksternal, lho. Asap-asap kendaraan, memiliki kandungan monoksida dan nitrogen dioksida yang tinggi sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit demensia bahkan penyakit alzheimer.

Secara singkat, polusi udara dapat mempengaruhi seberapa banyak polusi dalam ruangan yang dihirup. Pembersih udara dapat menjadi bagian penting untuk menjaga polutan agar tidak terhirup secara langsung meskipun didalam ruangan.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Alergen dalam ruangan seperti bakteri, jamu, tungau debu dapat memicu alergi atau hay fever sehingga mengganggu kualitas tidur. Menggunakan pembersih udara atau air purifier dapat membantu menyaring sebagian besar alergen di dalam ruangan dan memberikan udara yang lebih bersih.

Dengan menghirup udara yang lebih bersih maka dapat membuat pernafasan menjadi lebih nyaman, terhindar dari kondisi tertentu, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Menular

Selain mengambil debu atau partikel kecil di udara, beberapa penelitian menjelaskan bahwa air purifier bisa menyaring virus dan bakteri di udara lho. Terutama pada saat covid-19 air purifier ini penggunaannya sangat dianjurkan karena memiliki potensi dalam resiko menularkan penyakit berbahaya seperti flu, dan lainnya.

Manfaat Menggunakan Air Purifier untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

5. Menghilangkan aroma yang menyengat

Menggunakan air purifier juga dapat membantu menyegarkan udara. Sesuai dengan cara kerja alat ini, setelah udara disaring maka asap dan aroma yang menyengat di rumah seperti asap rokok, asap makanan, pembersih pakain, atau wangi lainnya juga bisa menghilang.

6. Menurunkan Resiko Terjadinya Penyakit Paru

Paparan asap rokok, polusi dalam jangka waktu panjang bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit paru obstruktif kronis bahkan dapat menyebabkan kanker paru. Oleh karena itu jika dirumah ada perokok aktif maka penggunaan air purifier sangat dibutuhkan karena dapat membantu mengurangi paparan asap rokok sehingga terjadinya penyakit paru yang menurun.

7. Mengurangi Stress

Emangnya ada hubungan antara penggunaan air purifier dengan mengurangi stres? Menurut penelitian ditemukan bahwa polusi udara memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan tingkat stres seseorang. Air purifier dapat mengurangi polutan di udara sehingga secara tidak langsung mengurangi sejumlah racun atau senyawa yang membuat tingkat stres meningkat.

Penggunaan air purifier dalam sebuah ruangan dapat membantu mengurangi terpaparnya polusi di udara. Selain itu, air purifier juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang karena dengan udara yang bersih dan lingkungan yang nyaman maka kualitas hidup akan semakin meningkat.

Selain itu, air purifier juga dapat menghindari dari resiko penyakit tertentu terutama penyakit pernapasan. Air purifier ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain air purifier Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-to-know-air-purifiers
https://www.filtrete.com/3M/en_US/filtrete/home-tips/full-story/~/why-you-should-purify-your-air/?storyid=eb519632-1671-4947-8ee6-af8daa7cb00b
https://amerisleep.com/blog/benefits-of-an-air-purifier/