Liposuction atau sering disebut sebagai sedot lemak adalah prosedur medis yang bertujuan untuk menghilangkan lemak dari area tubuh tertentu melalui proses penyedotan. Liposuction atau sedot lemak ini tidak hanya populer untuk menghilangkan lemak tetapi juga dapat memperbaiki kontur tubuh. Perubahan bentuk setelah sedot lemak ini dapat menjadi permanen selama menjaga menjaga berat badan tetap stabil.

Liposuction atau sedot lemak tidak dianggap sebagai metode penurunan berat badan secara keseluruhan, atau menjadi alternatif dalam penurunan berat badan. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan lemak di area tubuh yang tidak merespon diet atau olahraga biasanya pada area:

  • Paha
  • Perut
  • Lengan
  • Pinggul
  • Pantat
  • Samping tubuh
  • Dada
  • Wajah
  • Betis
Liposuction (Sedot Lemak): Jenis-jenis, Manfaat, dan Resiko

Jenis-Jenis Liposuction

Terdapat beberapa jenis prosedur liposuction yang dapat dipilih bertujuan untuk melakukan berbagai kondisi pengobatan tertentu. Jenis-jenis liposuction ini diantaranya adalah:

1. Tumescent Liposuction

Tumescent liposuction merupakan prosedur liposuction yang paling umum dilakukan. Prosedur yang dilakukan yaitu ahli bedah akan menyuntikan larutan saline (air garam) ke area berlemak pada tubuh. Campuran tersebut mengandung obat-obatan yang dapat menyusutkan pembuluh darah. Larutan tersebut akan membantu ahli bedah untuk menghilangkan lemak dengan mudah dan mengurangi kehilangan darah.

2. Ultrasound Assisted Liposuction (UAL)

Jenis sedot lemak ini menggunakan energi ultrasonik melalui batang logam yang ditempatkan dibawah kulit untuk mencairkan lemak sebelum mengangkatnya dari dalam tubuh.

3. Vibration Amplification of Sound Energy of Resonance (VASER)

Liposuction VASER menggunakan alat stainless steel (kanula) dengan gelombang ultrasonic untuk memecah dan mengangkat lemak dari dalam tubuh.

Liposuction (Sedot Lemak): Jenis-jenis, Manfaat, dan Resiko

4. Suction-assisted liposuction

Liposuction jenis ini merupakan salah satu jenis sedot lemak yang tradisional yaitu menggunakan Vakum untuk menghisap lemak dari tubuh.

5. Power Assisted Liposuction (PAL)

Prosedur sedot lemak ini menggunakan alat bantu berukuran kecil stainless steel (kanula) yang bergerak bolak balik di atas lemak untuk memecahkannya. Kanula ini membantu pengangkatan lemak lebih mudah dan lebih presisi.

6. Laser assisted liposuction

Prosedur sedot lemak menggunakan laser untuk mencairkan lemak sebelum diangkat. Liposuction jenis ini memerlukan sayatan kecil dalam melakukan prosedurnya.

Sebelum menjalani prosedur sedot lemak, yang harus dilakukan adalah mengunjungi ahli bedah yang akan dikonsultasikan diantaranya adalah jenis kulit, jenis liposuction yang sesuai, biaya, obat-obatan yang alergi, dan kondisi lainnya. Selain itu, hal yang harus dilakukan sebelum operasi liposuction adalah pembatasan makanan atau alkohol, mengkonsumsi atau menghindari obat-obatan, dan vitamin tertentu, serta berhenti merokok.

Liposuction (Sedot Lemak): Jenis-jenis, Manfaat, dan Resiko

Manfaat dan Resiko Sedot Lemak

Sedot lemak atau liposuction memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah:

  • Menghilangkan lemak yang sulit dihilangkan dari tubuh
  • Bentuk tubuh menjadi lebih bagus Bentuk tubuh menjadi lebih bagus
  • Bekas luka minimal setelah prosedur

Meskipun memiliki manfaat dan keamanan yang baik, sedot lemak juga tentunya memiliki beberapa resiko yang cukup jarang terjadi diantaranya adalah:

  • Infeksi
  • Perubahan warna kulit
  • Memar
  • Pembengkakan atau penyembuhan luka yang buruk
  • Nyeri atau ketidaknyamanan hingga luka bedah sembuh
  • Bekas luka
  • pendarahan

Mengetahui manfaat dan resiko dapat menjadi pertimbangan dalam sedot lemak ini. Proses pemulihan liposuction ini akan berlangsung selama beberapa minggu. Pada awalnya akan terasa pembengkakan dan rasa kebas di area yang sudah dilakukan operasi. Namun, dalam waktu sekitar tiga minggu maka tubuh akan memulai membentuk sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya ketika fase penyembuhan akan disarankan menggunakan korset khusu untuk membantu proses penyembuhan dan mengurangi resiko pembengkakan yang berlebih.

Penggunaan korset lemak ini memiliki manfaat untuk mengurangi pembengkakan, mempercepat penyembuhan, menjaga bentuk tubuh setelah sedot lemak, memberikan kenyamanan, dan mengurangi resiko komplikasi. Korset khusus pasca operasi sedot lemak ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain korset, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa Ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/liposuction/about/pac-20384586#:~:text=Liposuction%20is%20a%20type%20of,include%20lipoplasty%20and%20body%20contouring.
https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/11009-liposuction
https://www.verywellhealth.com/can-liposuction-cause-weight-gain-2709973