Luka kecil bisa menjadi masalah besar jika tidak ditangani dengan benar. Salah satu alat pertolongan yang dapat digunakan untuk mengobati luka dengan cepat adalah plester. Sejak kecil tentunya kita sudah akrab dengan yang namanya plester sebagai alat pertolongan pertama saat perawatan luka ringan. Namun, tidak semua plester itu sama, ada berbagai jenis plester yang tersedia dengan berbagai fungsi serta kegunaan yang berbeda-beda.

Pilihan plester yang tepat sangat penting untuk memastikan luka cepat sembuh dan terhindar dari infeksi. Plester yang salah justru akan memperparah kondisi luka atau bahkan menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh karena itu sangat penting memahami jenis-jenis plester yang ada dan kapan kondisi yang tepat saat menggunakannya.

Jangan Salah Pilih! Kenali Jenis-jenis Plester yang Cocok untuk Lukamu

Jenis-Jenis Plester

Berikut merupakan beberapa jenis plester yang umum dijual dipasaran:

1. Plester Biasa

Plester biasa merupakan salah satu jenis plester yang paling umum ditemui di pasaran. Plester ini biasanya terbuat dari kain atau plastik yang dilapisi oleh perekat. Fungsinya untuk melindungi luka kecil dari kotoran, bakteri, dan gesekan. Kelebihan dari plester jenis ini adalah mudah ditemukan hampir di setiap toko, harga terjangkau, dan mudah digunakan.

Plester jenis ini tidak cocok digunakan pada luka yang mengeluarkan banyak cairan karena tidak memiliki daya serap yang baik, plester ini juga bisa cepat lepas jika luka terlalu banyak mengeluarkan cairan. Selain itu, perekat pada plester ini bisa melemah jika terkena air sehingga plester mudah lepas.

2. Plester Hidrokoloid

Plester hidrokoloid adalah jenis plester luka yang dirancang khusus untuk membantu proses penyembuhan luka dengan cara yang unik. Plester ini memiliki lapisan gel yang lembut dan mengandung zat hidrokoloid yang mampu menyerap cairan luka dan melindungi luka dari bakteri.

Plester ini dapat mempercepat penyembuhan karena membantu sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat. Selain itu, plester ini juga dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada area luka dan dapat melindungi luka dari kotoran serta bakteri.

3. Plester Anti Air

Plester anti air adalah salah satu jenis plester luka yang dirancang khusus untuk melindungi luka dari air dan kelembaban. Plester ini sangat berguna saat melakukan aktivitas yang terkena air seperti mandi, berenang, atau mencuci piring. Plester ini dapat melindungi luka dari air dan bakteri sehingga membantu mencegah terjadinya infeksi.

Selain itu, plester ini dapat mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan kenyamanan karena dapat beraktivitas tanpa khawatir luka menjadi basah dan terbuka. Plester ini hampir sama dengan plester biasa yaitu tidak cocok digunakan pada luka yang mengeluarkan banyak cairan dan dibandingkan dengan plester biasa, harganya cenderung lebih mahal.

Jangan Salah Pilih! Kenali Jenis-jenis Plester yang Cocok untuk Lukamu

4. Plester Transparan

Plester jenis ini merupakan plester luka yang memiliki lapisan atas yang bening atau transparan sehingga dapat melihat kondisi luka tanpa perlu melepas plesternya. Plester ini biasanya akan memiliki bentuk tipis, lembut, dan tidak terlalu terlihat sehingga cocok digunakan di area terbuka atau pada kulit berwarna terang.

Plester ini dapat mengurangi iritasi, mengikuti lekuk tubuh, dan tahan air sehingga tidak mudah lepas. Cocok digunakan pada luka yang perlu dipantau perkembangan penyembuhannya dan tidak cocok untuk luka yang mengeluarkan banyak cairan karena tidak dapat menyerap cairan dengan baik.

5. Plester Busa

Plester busa adalah plester yang memiliki lapisan busa yang berfungsi untuk menyerap cairan dari luka, menjaga kelembaban luka, dan melindungi luka dari gesekan. Biasanya plester jenis ini digunakan untuk menutup luka yang agak basah atau mengeluarkan cairan seperti luka lecet, luka bakar ringan, ataupun luka operasi kecil.

Plester busa dapat menyerap cairan luka dengan baik sehingga menjaga luka tetap kering dan mengurangi resiko infeksi dan dapat mempercepat penyembuhan. Plester ini tidak cocok digunakan untuk luka kering karena memiliki harga yang cenderung tinggi.

6. Plester Hidrogel

Plester hidrogel adalah jenis perban luka yang terbuat dari bahan gel dan menyerap air. Bahan ini memiliki kemampuan unik untuk menyerap cairan dari luka sehingga menciptakan lingkungan yang lembab dan kondusif bagi proses penyembuhan. Plester ini dapat meminimalkan rasa sakit dengan menjaga luka tetap lembab dan melindungi saraf sehingga mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Cocok digunakan pada berbagai jenis luka seperti luka bakar ringan, lecet, luka bedah kecil, dan luka kronis seperti luka diabetes atau luka dekubitus. Harga dari plester ini cukup mahal dibandingkan dengan plester lainnya dan tidak cocok untuk semua jenis luka biasanya untuk luka sangat dalam atau infeksi berat.

Mengetahui jenis-jenis plester dapat memudahkan dalam memilih plester yang tepat saat akan digunakan untuk perawatan luka. Jika penggunaan plester ini tidak sesuai dengan luka yang dialami maka akan menimbulkan resiko yang berbahaya seperti menyebabkan infeksi, iritasi, atau luka semakin parah.

Jangan Salah Pilih! Kenali Jenis-jenis Plester yang Cocok untuk Lukamu

Tips Menyembuhkan Luka

Ketika tubuh mengalami luka atau goresan sangat penting untuk merawatnya dengan benar agar dapat sembuh dan mencegah terjadinya infeksi. Beberapa tips perawatan luka yang tepat diantaranya adalah:

  • Pilih jenis plester yang tepat: Memilih plester yang tepat sangat penting untuk memastikan luka sembuh dengan baik dan mencegah resiko infeksi. Hal yang harus diperhatikan dalam memilih plester adalah jenis luka, tahap penyembuhan luka, dan jumlah cairan yang dihasilkan luka.
  • Bersihkan luka sebelum menggunakan plester: Sebelum menggunakan plester pastikan membersihkan luka dengan baik. Luka dapat dibersihkan dengan menggunakan air, alkohol, atau saline. Tujuan dalam membersihkan luka adalah untuk menghilangkan kotoran dan mengurangi resiko infeksi.
  • Gunakan petunjuk penggunaan plester yang tepat: Saat ingin memasang plester pada luka pastikan sesuai instruksi yang tertera pada kemasan. Karena biasanya setiap jenis akan berbeda sehingga sangat penting untuk mengaplikasikannya sesuai dengan saran produk.
  • Hubungi layanan kesehatan jika diperlukan: Jika luka semakin memburuk dan mengakibatkan komplikasi serius maka segera hubungi layanan kesehatan untuk mendapatkan perawatan medis yang sesuai agar luka tidak semakin parah.

Melakukan perawatan luka dan memilih jenis plester yang tepat maka dapat mempercepat penyembuhan luka sehingga tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius terhadap masalah kesehatan lainnya. Plester luka ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain plester, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://westcoastwound.com/types-of-wound-dressings-and-when-to-use-them/
https://www.havenhealthaz.com/blog/5-types-of-wound-dressings-and-when-to-use-them/
https://kftd.co.id/news/kenali-lebih-dekat-jenis-jenis-plester-medis-beserta-kegunaannya