Ketika pasien atau seseorang yang memiliki keterbatasan mobilitas mengharuskan untuk berbaring di kasur dalam waktu lama untuk perawatan. Kondisi tersebut bisa menimbulkan luka tekan atau luka baring. Penyebab terjadinya kondisi tersebut adalah ketika seseorang mengalami tekanan pada bagian tubuh tertentu disertai dengan adanya kelembaban di area tersebut. Jika tidak ditangani, luka ini bisa menyebabkan kerusakan jaringan dan bahkan infeksi.

Salah satu cara efektif untuk mencegah terjadinya luka tekan adalah dengan menggunakan kasur anti decubitus. Kasur ini dilengkapi dengan pompa yang berfungsi untuk mengalirkan udara pada gelembung yang terdapat pada matras secara bergantian sehingga berfungsi untuk mencegah terjadinya tekanan secara terus-menerus di area tertentu.

Jangan Salah! Ini Alasan Kenapa Pompa Kasur Anti-Decubitus Harus Selalu Menyala

Siapa yang Harus Menggunakan Kasur Anti Decubitus

Penggunaan kasur anti decubitus ini diutamakan bagi orang-orang yang memiliki resiko tinggi terkena luka tekan atau orang yang sudah mengalaminya, Berikut merupakan beberapa orang yang disarankan menggunakan kasur anti decubitus:

  1. Orang dengan mobilitas terbatas: Mereka biasanya menghabiskan waktu lama di tempat tidur atau kursi roda karena kondisi medis seperti kelumpuhan, cacat fisik, ataupun penyakit kronis yang membatasi gerakan mereka.
  2. Pasien Terbaring: Pasien terbaring adalah orang yang dirawat di rumah sakit dalam pemulihan pasca operasi atau yang membutuhkan perawatan intensif sehingga perlu di tempat tidur dalam waktu lama.
  3. Orang Tua: Orang tua terutama lansia memiliki kulit yang lebih rapuh dan rentan terhadap pembentukan luka tekan akibat penurunan mobilitas dan sirkulasi darah.
  4. Pasien dengan Kondisi Medis Tertentu: Pasien yang memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, obesitas, atau kondisi medis lainnya dapat mempengaruhi sirkulasi udara atau kemampuan bergerak dengan bebas sehingga memungkinkan adanya luka baring.

Singkatnya, kasur anti decubitus ini dapat membantu seseorang dalam mengganti posisi seseorang yang menghabiskan waktu dalam posisi sama sehingga dapat memperoleh manfaat dari menggunakan kasur anti-decubitus ini untuk mencegah pembentukan luka tekan dan meningkatkan kenyamanan serta kesehatan saat istirahat.

Jangan Salah! Ini Alasan Kenapa Pompa Kasur Anti-Decubitus Harus Selalu Menyala

Cara Kerja Kasur Anti Decubitus

Kasur anti-decubitus digunakan untuk mencegah pembentukan luka tekan pada seseorang yang memiliki mobilitas terbatas dan menghabiskan banyak waktu di tempat tidur. Kasur ini terdiri dari banyak gelembung atau sel udara yang saling terhubung. Kemudian, dilengkapi dengan pompa yang berfungsi untuk mengalirkan udara secara pada setiap gelembung sehingga menciptakan tekanan yang saling bergantian pada permukaan kasur.

Sel-sel udara inilah yang sangat penting dan berperan untuk mencegah terjadinya luka baring akibat tekanan pada titik tertentu. Ketika tekanan pada satu titik berkurang, maka aliran darah ke area tersebut akan meningkat sehingga sel-sel kulit dan jaringan dibawahnya mendapatkan oksigen yang cukup. Hal tersebut membantu mencegah kerusakan jaringan dan mempercepat penyembuhan luka.

Mengapa Pompa Harus Selalu Menyala?

Ketika menggunakan kasur anti decubitus tentunya pompa harus selalu dinyalakan, hal tersebut bertujuan untuk:

1. Mencegah Tekanan Berlebihan

Pompa pada kasur anti decubitus berguna untuk mengalirkan udara secara bergantian pada gelembung atau sel udara yang terdapat pada matrass. Jika pompa dimatikan maka tekanan akan ada pada satu titik saja sehingga menyebabkan kerusakan pada kulit dan meningkatkan luka tekan.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tekanan udara yang bergantian dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area tertekan sehingga memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel untuk memperbaiki diri.

3. Mencegah Infeksi

Luka tekan yang terbuka rentan terhadap infeksi. Dengan adanya tekanan yang bergantian maka dapat mencegah kelembaban dan mengurangi resiko infeksi.

4. Meningkatkan Kenyamanan Pasien

Tekanan yang merata maka akan meningkatkan kenyamanan pasien selama vervaring dan mengurangi resiko terjadinya iritasi kulit.

Jangan Salah! Ini Alasan Kenapa Pompa Kasur Anti-Decubitus Harus Selalu Menyala

Apa yang Terjadi Ketika Pompa Dimatikan?

Saat menggunakan kasur anti decubitus, kemudian pompa dimatikan maka manfaat dari penggunaan kasur akan hilang. Tekanan yang secara terus-menerus pada satu titik akan menyebabkan kerusakan pada kulit serta jaringan dibawahnya sehingga meningkatkan resiko terjadinya luka tekan. Luka tekan yang sudah terjadi akan sulit disembuhkan dan menyebabkan komplikasi serius seperti infeksi, kerusakan tulang, dan kondisi lainnya.

Oleh karena itu, ketika menggunakan kasur anti decubitus pompa harus selalu dinyalakan untuk memberikan redistribusi tekanan sehingga mengurangi atau mencegah terjadinya luka tekan pada bagian tubuh yang kaku. Kasur udara ii menyesuaikan dengan bentuk tubuh pasien dan mengembang atau mengempiskan sel udara di area yang mengalami tekanan tinggi dengan mendistribusikan berat badan pasien. Tekanan udara yang diberikan disesuaikan dengan kenyamanan pasien.

Cara Menggunakan Kasur Anti Decubitus

Penggunaan kasur anti decubitus cukup mudah yang harus dilakukan adalah

  • Menyiapkan matras, bisa ditempatkan diatas kasur dan diberi alas agar lebih nyaman
  • Menghubungkan pompa dengan kasur
  • Nyalakan pompa lalu tunggu kasur mengembang secara keseluruhan
  • Jika sudah mengembang, maka pasien dapat tidur diatas kasur anti decubitus
  • Pastikan pompa harus selalu menyala, dan tekanan pada pompa dapat diatur sesuai dengan kenyamanan pengguna

Untuk merawat kasur anti decubitus ini cukup mudah, gunakan kain basah untuk membersihkan permukaan kasur, lap mesin atau pompa menggunakan kain kering dan lembut namun pastikan mesin sudah dalam keadaan mati sebelum memulai dibersihkan. Jangan merendam kasur di dalam air serta jangan menggunakan pemutih untuk membersihkan kasur.

Penggunaan kasur anti decubitus ini dapat mencegah resiko terkena luka dekubitus karena mengurangi tekanan pada satu titik dibagian tubuh. Kasur anti decubitus ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain kasur anti decubitus, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.vilma-sleep.com/blogs/the-rest-blog/anti-bedsore-mattress-what-is-it-what-is-it-for?country=DE
https://www.romsons.in/blogs/post/bubble-mattresses-uses-quality-comfort-and-prices?srsltid=AfmBOopitwankaKaZfgaoT11fq2NLPSJXu_9PcQhzcaZmSfkxbZAmeJZ
https://www.galerimedika.com/blog/review-kasur-anti-decubitus-serenity-5ffect-1500F