Sarung tangan, sebuah benda sederhana yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari memasak di dapur hingga melakukan pekerjaan rumah tangga, sarung tangan menjadi perlengkapan yang tak terpisahkan. Namun, tahukah Kamu bahwa ada beragam jenis sarung tangan dengan fungsi dan bahan yang berbeda?

Setiap jenis sarung tangan dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan fungsi yang spesifik, mulai dari melindungi tangan dari panas, bahan kimia, hingga melindungi dari bakteri dan kuman. Dengan mengetahui fungsi masing-masing sarung tangan, maka dapat memilih sarung tangan yang tepat untuk melindungi tangan dalam meningkatkan produktivitas.

Meskipun hanya benda kecil yang sederhana, tetapi sarung tangan ini memiliki peran penting dalam, berbagai aktivitas. Setiap sarung tangan memiliki beberapa fungsi yang berbeda mulai dari sarung tangan kerja, sarung tangan medis, sarung tangan rumah tangga, sarung tangan olahraga, dan lainnya. Bahan dari sarung tangan setiap jenis juga pastinya berbeda-beda seperti bahan lateks, nitril, vinil, kain, kulit, dan lainnya.

Dari Dapur Hingga Rumah Sakit: Ini Dia Jenis-Jenis Sarung Tangan yang Wajib Kamu Tahu

Jenis-jenis Sarung Tangan berdasarkan Fungsinya

Berikut merupakan jenis-jenis sarung tangan berdasarkan fungsinya:

1. Sarung Tangan Medis

Sarung tangan medis biasanya digunakan di rumah sakit oleh dokter atau perawat untuk melindungi diri mereka dari kuman, bakteri, dan bahan kimia yang berbahaya. Biasanya sarung tangan ini merupakan sarung tangan sekali pakai yang setelah digunakan langsung dibuang. Tentunya sarung tangan medis ini memiliki jenis yang berbeda. Berikut merupakan jenis-jenis sarung tangan medis:

  • Sarung Tangan Bedah: Digunakan untuk ahli bedah yang berhubungan langsung dengan darah, infeksi, dan alat bedah lainnya. Biasanya terbuat dari bahan nitril karena memiliki daya tahan yang tinggi.
  • Sarung Tangan Pemeriksaan: Sarung tangan ini biasanya digunakan untuk ahli medis di luar ruang bedah. Biasanya terbuat dari lateks, vinyl, dan nitril yang langsung dibuang setelah pakai.
  • Sarung Tangan Berbubuk (Powdered gloves): Terbuat dari bahan lateks yang cukup sulit dipakai, biasanya dilapisi bubuk untuk mempermudah dalam menggunakannya.
  • Sarung tangan Tanpa Bubuk (Powder-free gloves): Bahannya terbuat dari lateks, namun lebih lembut dibandingkan dengan sarung tangan berbubuk.

Nah, itu merupakan jenis-jenis sarung tangan medis yang umum digunakan di rumah sakit ataupun di penyedia pelayanan kesehatan lainnya.

Dari Dapur Hingga Rumah Sakit: Ini Dia Jenis-Jenis Sarung Tangan yang Wajib Kamu Tahu

2. Sarung Tangan Safety

Sarung tangan safety tersedia dalam berbagai varian yang masing-masing dirancang untuk menghadapi resiko tertentu. Sarung tangan safety dibuat menggunakan berbagai jenis bahan yang tahan terhadap resiko berbeda. Ada yang dibuat dengan tujuan menahan panas, menahan bahan kimia berbahaya, luka potong, dan lainnya. Berikut merupakan beberapa jenis sarung tangan safety yang paling umum digunakan:

  • Heat Resistant Gloves: Merupakan sarung tangan yang digunakan untuk bekerja pada lingkungan yang terpapar suhu tinggi atau api. Terbuat dari bahan yang tahan panas ekstrim seperti karet silikon atau serat kevlar dan dirancang menjaga tangan aman dari luka bakar.
  • Impact Hand Gloves: Sarung tangan anti hantaman ini dirancang khusus melindungi tangan benturan atau pukulan. Memiliki bantalan atau pelindung tambahan di area rentan cedera. Umumnya digunakan dalam konstruksi dan pekerjaan berat lainnya.
  • Cut and Puncture Resistant Gloves:Berdasarkan namanya, Sarung tangan ini merupakan sarung tangan yang tahan terhadap luka tusukan dan luka potong. Sarung tangan ini sangat penting digunakan pada industri yang melibatkan benda tajam. Biasanya terbuat dari bahan kain kevlar atau nitril yang diperkuat dan dirancang untuk mencegah luka pada tangan.
  • Chemical Resistant Gloves: Sarung tangan ini digunakan oleh pekerja yang melibatkan bahan berbahaya atau bahan kimia beracun. Terbuat dari bahan yang kuat sehingga mencegah terpapar bahan kimia yang berbahaya.
  • Anti Slip Hand Gloves: Sarung tangan anti slip dirancang khusus untuk memberikan cengkraman yang kuat baik saat memegang benda licin atau basah. Biasanya digunakan pada industri restoran, atau lainnya.
  • Lifting Hand Gloves: Sarung tangan angkat dirancang untuk pekerjaan mengangkat beban berat. Dilengkapi dengan pad tambahan untuk membantu mengangkat beban dan mengurangi tekanan pada tangan
  • Sarung Tangan Kevlar: Sarung tangan ini terkenal dengan kekuatan dan ketahanannya terhadap luka potong dan tusukan. Biasanya digunakan dalam pekerjaan yang berhubungan langsung dengan benda yang memiliki potensi bahaya seperti kaca atau logam tajam.

Sarung tangan safety berguna untuk melindungi dari cedera, keamanan dalam lingkungan kerja, kesehatan, dan efisiensi saat kerja. Pilihlah sarung tangan safety yang tepat sesuai dengan kebutuhan agar dapat terlindung dengan maksimal.

Dari Dapur Hingga Rumah Sakit: Ini Dia Jenis-Jenis Sarung Tangan yang Wajib Kamu Tahu

Selain sarung tangan medis dan sarung tangan safety, ada juga jenis sarung tangan lainnya yaitu sarung tangan rumah tangga, sarung tangan olahraga, dan lainnya. Bahan yang digunakan juga berbeda beda mulai dari bahan kain, karet, hingga lateks.

Biasanya, yang sering digunakan untuk rumah tangga seperti bersih-bersih, mukbang, mengurus bayi, dan industri makanan biasanya menggunakan sarung tangan berbahan karet. Sarung tangan karet terbuat dari karet alami atau sintetis. Sarung tangan karet yang biasanya digunakan di rumah yaitu sarung tangan karet vinyl karena sifat fisik sangat baik, nyaman, harganya lumayan murah, dan bebas alergi lateks.

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis sarung yang umum ditemukan atau digunakan oleh kebanyakan orang. Memilih jenis tangan yang sesuai dengan kebutuhan tentunya akan memberikan keamanan yang maksimal bagi penggunanya. Sarung tangan medis ini dapat dibeli di Toko Galeri Medika. Selain sarung tangan medis, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.medicalkemei.com/what-are-the-types-of-gloves-in-healthcare/
https://www.ikea.co.id/in/inspirasi/jenis-jenis-sarung-tangan-karet-dan-kegunaannya?srsltid=AfmBOorowierxfvg3PbH8jJ7iBECgB2obnDj_0cvkFL9gcLytD1DmZiV
https://www.kawanlama.com/blog/ulasan/jenis-sarung-tangan-safety