Setiap harinya tubuh akan membakar kalori untuk menjalankan fungsi tubuh dengan baik. Hingga 75% dari pembakaran kalori setiap harinya akan digunakan untuk melakukan fungsi dasar tubuh seperti bernapas, sirkulasi darah, hingga membangun sel-sel. Meskipun hanya duduk sepanjang hari, tubuh akan tetap membakar kalori, yang tentunya akan berbeda dengan jika melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, atau lainnya.

Kalori adalah ukuran energi yang penting dalam kesehatan dan kebugaran tubuh sehari-hari. Kalori juga dapat diartikan sebagai jumlah pengukuran energi yang menunjukan kandungan dalam suatu makanan dan minuman yang digunakan oleh tubuh untuk melakukan berbagai fungsi metabolisme dan aktivitas sehari-hari.

Secara umum kalimat pembakaran kalori biasanya akan mengacu pada penurunan berat badan, namun disisi lain, tubuh membakar kalori untuk melakukan segala sesuatu yang ada di dalam tubuh. Pembakaran konstan ini dapat menjaga tubuh berjalan dengan baik atau biasa dikenal sebagai metabolisme tubuh. Tingkat metabolisme tubuh sendiri merupakan jumlah minimum kalori yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh.

Berapa Banyak Kalori yang Harus dibakar Setiap Hari?

Apa Itu Metabolisme?

Metabolisme adalah proses tubuh dalam mengolah makanan menjadi energi yang dapat digunakan untuk menjaga tubuh tetap berfungsi. Tubuh akan secara terus menerus menggunakan energi sepanjang waktu bahkan saat tertidur. Berikut Merupakan istilah-istilah metabolisme yang perlu diketahui:

  1. Basal Metabolic Rate (BMR): Merupakan jumlah kalori yang diperlukan untuk menjaga semua fungsi dasar tubuh agar tetap berjalan dengan baik seperti bernafas, detak jantung, sistem saraf, dan semua hal yang otomatis lainnya dilakukan tubuh setiap hari.
  2. Thermogenesis: Merupakan suatu istilah teknis untuk energi yang diperlukan dalam mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan. Hal ini termasuk memakan, mencerna, mengangkut, dan menyimpan makanan di dalam tubuh. Kondisi ini dapat menghabiskan 10% dari energi yang diperoleh dari makanan.
  3. Aktivitas Fisik: Aktivitas fisik adalah proses menggerakan tubuh dimana akan membutuhkan lebih banyak energi. Energi yang digunakan untuk aktivitas fisik ditambahkan dengan energi yang digunakan untuk menjalankan semua fungsi tubuh. Melakukan aktivitas fisik berarti dapat membakar kalori lebih banyak daripada hanya diam saja.

BMR juga dikenal sebagai metabolisme istirahat atau jumlah minimum kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan fungsinya, BMR ini bervariasi berdasarkan faktor-faktor seperti:

Berapa Banyak Kalori yang Harus dibakar Setiap Hari?
  • Usia
  • Tinggi badan
  • Berat badan
  • Jenis kelamin
  • Rasio otot dan lemak
  • Genetik

Kalori yang digunakan setiap orang akan berbeda-beda. Misalnya orang yang hanya diam dan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga maka akan membakar kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang hanya diam saja. Berbagai jenis aktivitas fisik dapat dilakukan untuk membakar kalori lebih banyak seperti golf, lari, berjalan kaki, bersepeda, mendaki, dan lainnya.

Jumlah kalori yang dikonsumsi dengan jumlah kalori yang dibakar merupakan faktor penting dalam menentukan berat badan. Cara paling efektif untuk membakar kalori lebih banyak yaitu menambahkan aktivitas fisik ke rutinitas sehari-hari.

Berapa banyak Kalori yang dibutuhkan Setiap Hari?

Kebutuhan kalori harian setiap orang tentunya berbeda dan cukup sulit menentukan angka yang tepat. Secara umum laki-laki akan membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan dengan perempuan. Selain itu, orang yang aktif membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan dengan orang yang kerja di kantor, dan orang yang lebih muda membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan dengan orang tua karena metabolisme akan melambat seiring bertambahnya usia seseorang. Berikut merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi asupan kalori diantaranya:

  • Jenis Kelamin
  • Tinggi badan
  • Berat badan
  • Usia
  • Tingkat aktivitas
  • Hormon
  • Obat-obatan
Berapa Banyak Kalori yang Harus dibakar Setiap Hari?

BMR atau jumlah kalori minimum per hari dibutuhkan oleh tubuh biasanya mencangkup sekitar 60-70% dari energi yang digunakan oleh tubuh. Namun, angka tersebut dapat berubah jika berusaha mengurangi maupun menaikan berat badan. Jika ingin menambahkan atau menurunkan berat badan maka harus tau berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh agar sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebih.

Cara Melacak Kalori yang digunakan

Terdapat tiga jenis metode umum yang dapat memperkirakan jumlah kalori yang terbakar setiap harinya. Tentunya setiap metode ini memiliki kekurangan dan kelebihan, diantaranya:

1. Tes Metabolik

Tes metabolik adalah sebuah prosedur tes untuk mengukur tingkat metabolisme basal (BMR) seseorang. Tes ini bertujuan untuk menentukan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh seseorang ketika sedang beristirahat atau dalam keadaan diam. Umumnya tes ini menggunakan alat khusus dan dilakukan oleh penguji yang ahli dibidangnya.

Tes metabolik ini merupakan yang dapat dilakukan untuk menyusun jadwal latihan dan rencana diet secara lebih efektif. Tes metabolik ini juga cukup memerlukan biaya yang mahal. Saat ingin melakukan tes ini pilihlah tempat dan penguji yang memadai dan menggunakan peralatan yang sama jika dilakukan berulang kali.

2. Monitor Aktivitas

Monitor aktivitas merupakan sebuah perangkat yang dapat memantau pergerakan harian dan menentukan perkiraan jumlah kalori yang terbakar setiap harinya. Biasanya perangkat ini merupakan smartwatch atau jam tangan khusus dimana dapat ditemukan di toko olahraga maupun di toko online.

Selain monitor aktivitas, ada beberapa monitor komposisi tubuh yang menyediakan fitur terkait rekomendasi kalori harian yang dapat dikonsumsi sehingga dapat menentukan aktivitas fisik maupun makanan atau menu diet yang dilakukan.

3. Kalkulator Penghitung Kalori

Kalkulator atau aplikasi penghitung kal;oru dapat memperkirakan pengeluaran energi harian yang dibutuhkan untuk mencapai berat badan yang optimal atau yang diinginkan. Tentunga angka ini merupakan sebuah panduan, namun sangat disarankan jika ingin mempertahankan atau menurunkan berat badan karena dapat menghitung kebutuhan kalori harian dan menyesuaikannya dengan penambahan ataupun pengurangan berat badan seseorang.

Dengan menggunakan metode berikut maka, dapat diketahui dan dapat memperkirakan jumlah kalori yang dibakar setiap harinya sehingga dapat mempertahankan atau mencapai berat badan yang diinginkan. Selain memastikan jumlah kalori yang dibakar, memantau berat badan secara rutin juga merupakan hal yang perlu dilakukan jika ingin mencapai berat badan yang diinginkan. Pantau berat badan menggunakan timbangan digital yang dapat dibeli secara langsung maupun online di toko Galeri Medika. Selain timbangan, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellfit.com/how-many-calories-do-i-burn-every-day-3495464
https://health.clevelandclinic.org/calories-burned-in-a-day
https://health.clevelandclinic.org/how-many-calories-a-day-should-i-eat
https://www.webmd.com/fitness-exercise/how-many-calories-do-i-burn-in-a-day