Stair Stretcher atau dikenal dengan tandu duduk atau tandu tangga merupakan alat evakuasi khusus yang dirancang untuk membawa pasien secara aman dan efisien melalui tangga atau ruang sempit lainnya. Alat ini memiliki desain yang unik dan tentunya berbeda dengan tandu biasa sehingga memungkinkan proses evakuasi dilakukan dengan mudah dan minim resiko.

Stair Stretcher adalah alat evakuasi yang dirancang khusus untuk transportasi pasien dengan fitur utamanya yaitu memiliki rangka yang kuat sehingga memastikan stabilitas selama proses transportasi, lalu memiliki desain yang dirancang untuk mengurangi resiko cedera selama pemindahan serta memudahkan penyimpanan dan transportasi.

Apa itu Stair Stretcher dan Apa Bedanya dengan Tandu Biasa?

Perbedaan Stair Stretcher dengan Tandu biasa

Stair Stretcher memiliki perbedaan dengan tandu pada umumnya, berikut merupakan perbedaan Stair Stretcher dengan tandu biasa:

FiturStair Stretcher Tandu Biasa
Kemudahan MobilitasDirancang untuk digunakan di ruang sempit dan tanggaSulit digunakan di area sempit
BeratLebih ringan, sehingga mudah diangkutLebih berat, bukur beberapa orang untuk mengangkutnya
FleksibilitasMudah dilipat dan memungkinkan penyimpanan transportasi lebih mudahBeberapa jenis tandu tidak dapat dilipat dan membutuhkan penyimpanan besar
Kapasitas BebanBiasanya memiliki kapasitas yang lebih kecilUmumnya memiliki kapasitas beban yang lebih besar
DesainTerdiri dari dua bagian yang dapat dilipat dan disesuaikan dengan ukuran tanggaBiasanya berbentuk datar dan kaku, tidak dirancang untuk menyesuaikan dengan kondisi tangga
Kemudahan PenggunaMudah dilipat dan dirakit serta dapat dioperasikan oleh sedikit orangMembutuhkan lebih banyak tenaga dan orang untuk mengoperasikannya terutama di area sempit
HargaCenderung lebih mahalHarga cenderung lebih murah untuk beberapa jenis tandu
Apa itu Stair Stretcher dan Apa Bedanya dengan Tandu Biasa?

Stair Stretcher umumnya digunakan oleh petugas medis, tim penyelamat, atau lainnya untuk mengevakuasi pasien dari tempat yang sulit dijangkau seperti gedung bertingkat ketika terjadi kebakaran atau bencana lain, rumah sakit untuk memindahkan pasien dari ruangan ke ruangan lain melalui tangga, dan pada area bencana untuk mengevakuasi korban dari lokasi yang sulit dijangkau.

Terdapat tiga jenis Stair Stretcher yang umumnya ditemukan dan digunakan secara umum yaitu:

  1. Simple Lifting Stair Stretcher: Merupakan jenis Stair Stretcher yang dirancang untuk memudahkan proses evakuasi pasien melalui tangga. Penggunaannya perlu mengangkat secara manual.
  2. Belting System Gliding Stair Stretchers: Berbeda dengan jenis sebelumnya, tandu jenis ini memiliki beberapa keunggulan karena memanfaatkan sistem belting atau sabuk yang memungkinkan pasien meluncur dengan aman. Pengguna dapat menggerakan stretcher dengan kontrol yang lebih baik serta memberikan stabilitas saat turun atau naik tangga.
  3. Fully Automatic Stair Wheelchair Stretchers: Fungsinya sama dengan jenis lainnya, namun stretcher ini dilengkapi dengan sistem motor dan rel yang memungkinkan penggunanya bergerak naik turun tangga secara otomatis cukup dengan menekan tombol untuk mengoperasikan fungsinya.

Setiap jenis Stair Stretcher ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik saat evakuasi. Memahami cara menggunakan masing-masing jenis dengan benar sangat penting untuk memastikan keselamatan pasien saat proses transportasi.

Memilih jenis Stair Stretcher tentunya perlu diperhatikan dalam beberapa hal diantaranya adalah kapasitas beban, ukuran dan berat, kemudahan penggunaan, daya tahan, fitur keamanan, biaya anggaran, spesifikasi, dan lainnya.

Nah itulah perbedaan antara Stair Stretcher dengan tandu pada umumnya, tentunya kedua jenis Stair Stretcher ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Stair Stretcher maupun tandu biasa dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain Stair Stretcher dan tandu, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi Terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://medical-stretchers.com/articles/everything-you-need-to-know-about-stair-stretchers-and-their-use-n131#:~:text=A%20stair%20stretcher%2C%20also%20called,and%20quick%20transportation%20is%20required.
https://tingeerstretchers.com/blog/stair-stretcher-guide-everything-you-need-to-know-about-stair-stretchers/
https://jiekangmedical.com/what-is-a-stair-stretcher-how-to-use-it/