Lampu infrared merupakan salah satu alat kesehatan yang cukup populer dan banyak dijumpai di kalangan masyarakat. Lampu infrared bekerja dengan cara mengubah listrik menjadi panas sehingga menghasilkan panas seperti matahari. Lampu infrared ini memancarkan cahaya inframerah yang bergerak melalui udara sampai menuju objek.

Cahaya inframerah ini memiliki beberapa perbedaan dengan sinar ultraviolet, sehingga lampu infrared ini dapat menjadi alternatif yang baik digunakan untuk fisioterapi. Terapi lampu infrared ini memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat saat menggunakan lampu infrared:

Tips Penggunaan Lampu Infrared yang Benar Agar Lebih Awet
  • Menyembuhkan dan meredakan nyeri otot
  • Membakar lemak dalam tubuh
  • Meningkatkan kesehatan jantung dan kardiovaskular
  • Menghangatkan tubuh
  • Kecantikan
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Meredakan nyeri pinggang bawah
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan berbagai macam manfaat tersebut, tentunya lampu infrared ini menjadi pilihan yang sangat tepat dalam terapi fisik atau fisioterapi. Lampu infrared ini dapat digunakan oleh siapapun dan dalam kondisi apapun. Penggunaan lampu ini cukup mudah namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya lebih maksimal.

Cara Menggunakan Lampu Infrared

Berikut merupakan cara menggunakan lampu infrared untuk terapi di rumah secara mandiri:

  1. Letakan lampu di tempat yang rata Lalu, sambungkan lampu dengan daya listrik
  2. Lalu, arahkan lampu pada anggota atau bagian tubuh yang ingin disinari
  3. Pastikan jarak antara lampu dengan tubuh sekitar 10-50 cm sesuai dengan kebutuhan
  4. Jika sudah, atur intensitas atau kekuatan cahaya
  5. Kemudian, jika terdapat fitur timer, atur timer pada lampu tersebut
  6. Jika menyinari pada bagian wajah, pastikan sudah sesuai dengan arahan dokter dan gunakan penutup mata saat melakukan sesi terapi

Durasi penggunaan lampu infrared ini tergantung dengan kebutuhan atau kondisi tubuh penggunanya. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan lampu merah yaitu periksa lampu sebelum menggunakan, hindari terkena percikan air pada saat lampu dinyalakan, jika terjadi luka bakar segera kompres dengan metode dingin, pantau kondisi tubuh jika terjadi keluhan tertentu.

Lampu infrared ini tersedia dalam beberapa jenis dan tentunya setiap jenis memiliki fitur keunggulan masing-masing. Terkadang, sebelum membeli lampu infrared merupakan hal yang membingungkan untuk memilih tipe apa yang sesuai. Langsung saja kita bahas bagaimana cara memilih lampu infrared yang benar.

Baca artikel lainnya

Cara Memilih Lampu Infrared yang Benar

Saat ingin membeli lampu infrared, sangat penting untuk memperhatikan beberapa faktor agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Berikut merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Tujuan Penggunaan
    Tentukan terlebih dahulu tujuan menggunakan lampu infrared ini untuk apa, misal untuk pereda nyeri, perawatan luka, perawatan kulit, atau untuk kesehatan secara umum.
  • Portabilitas
    Selain itu, pastikan kemudahan dalam menggunakannya jika Kamu memerlukan perangkat yang bisa digunakan di berbagai tempat, maka pilihlah lampu infrared portable yang ringan dan mudah dibawa sehingga memudahkan Kamu saat melakukan terapi di Rumah atau saat bepergian.
  • Daya Perangkat
    Carilah perangkat dengan pengaturan daya yang dapat disesuaikan sehingga kamu bisa mengontrol intensitas panas sesuai dengan kebutuhan terutama jika digunakan untuk area tubuh yang sensitif.
  • Keamanan
    Pilih lampu infrared yang dilengkapi dengan fitur keamanan seperti timer untuk mencegah overheating dan memastikan penggunanya aman saat menggunakan.

Lampu infrared ini sering digunakan untuk fisioterapi. Biasanya, fisioterapi yang dilakukan yaitu berlangsung persesi setiap hari atau sehari beberapa sesi tergantung dengan kebutuhan penggunanya. Karena digunakan cukup sering, dan merupakan barang elektronik maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakannya agar lampu infrared lebih awet dan penggunaannya dalam jangka waktu cukup lama.

Tips Menggunakan Lampu Infrared

Menggunakan lampu terapi infrared ini cukup mudah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan lampu infrared menjadi lebih awet. Berikut merupakan beberapa tips dalam menggunakan lampu infrared:

Tips Penggunaan Lampu Infrared yang Benar Agar Lebih Awet

1. Matikan dan Cabut dari Listrik

Jika sudah selesai menggunakan lampu infrared untuk satu sesi terapi, pastikan untuk mematikan lampu dan mencabutnya dari sumber listrik. Kemudian, biarkan lampu dingin sekitar 15 menit sebelum memasukkannya kembali atau membersihkannya.

2. Bersihkan dengan Hati-hati

Gunakan kain lembut saat ingin membersihkan lampu infrared yang telah dibasahi dengan air suling atau air atau alkohol untuk membersihkan permukaan lampu. Pastikan tidak ada percikan air yang masuk ke dalam alat tersebut.

3. Jangan Menggunakan Cairan Pembersih Keras

Saat membersihkan lampu, hindari menggunakan cairan pembersih yang keras seperti deterjen atau sabun, karena dapat merusak lampu.

4. Simpan di Tempat yang Kering

Jika lampu sudah dibersihkan, maka simpan lampu ditempat yang kering dan jangan simpan lampu ditempat yang lembab untuk menghindari atau mencegah kerusakan pada lampu.

Tips Penggunaan Lampu Infrared yang Benar Agar Lebih Awet

5. Periksa Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan secara rutin pada lampu untuk menghindari adanya kerusakan pada bohlam, kabel, atau lainnya. Selain itu, ketahui setiap suku cadang pada lampu dan ganti suku cadang sesuai kebutuhan agar perangkat tetap optimal.

6. Beri Jeda Setiap Sesi

Saat menggunakan lampu infrared, biasanya digunakan setiap sesi selama 15 menit. Jika ingin menggunakan lampu infrared ini lebih dari satu sesi, pastikan memberi jeda pada setiap sesinya selama 10-15 menit untuk menghindari terjadinya overheat pada lampu.

Lampu infrared ini cukup banyak digunakan dikalangan masyarakat. Selain untuk menghangatkan tubuh, lampu infrared ini juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Namun, jika menimbulkan masalah pada kulit atau tubuh maka segera hentikan penggunaannya dan jika tidak kunjung membaik, maka segera hubungi dokter.

Nah, itulah pembahasan mengenai lampu infrared. Lampu infrared ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain lampu infrared, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.vinmec.com/eng/article/instructions-for-using-infrared-lights-at-home-en#:~:text=How%20to%20use%20infrared%20lights,1%2D2%20times%20a%20day.
https://www.phormalab.it/en/the-complete-guide-to-safely-use-infrared-lamps-at-home/
https://syaf.co.id/cara-penggunaan-lampu-terapi-inframerah/?srsltid=AfmBOoo7leM7C7WedFB6sFrJawJeg5Dhq1lVVirpPqLHo1N7Cre6NwS9
https://solusiklik.co.id/7-tips-menggunakan-lampu-inframerah/
https://serenityindonesia.com/terapi-lampu-infra-red-dengan-terapi-panas-lainnya/#:~:text=Cara%20Merawat%20Lampu%20Terapi%20Infra%20Red%20Agar%20Tahan%20Lama&text=Simpan%20di%20Tempat%20Kering%3A%20Setelah,dari%20kelembapan%20untuk%20mencegah%20kerusakan.&text=Ketahui%20ketersediaan%20suku%20cadang%2C%20seperti,kebutuhan%20agar%20perangkat%20tetap%20optimal.