CPAP atau singkatan dari Continuous Positive Airway Pressure yaitu merupakan suatu perangkat medis yang digunakan untuk mengobati gangguan tidur seperti sleep apnea. Sleep apnea merupakan suatu kondisi dimana terjadinya henti napas saat tidur selama beberapa saat dan terjadi berulang kali. Penggunaan CPAP inilah yang bertujuan untuk meringankan gejala sleep apnea.

Mesin CPAP ini bekerja dengan memberikan tekanan secara terus menerus melalui masker yang digunakan pada wajah. Tekanan udara ini akan menjaga saluran udara tetap terbuka selama tidur sehingga membuat tidur menjadi lebih berkualitas karena memberi cukup oksigen setiap malamnya dan terhindar dari resiko masalah kesehatan lainnya.

Alat CPAP ini digunakan langsung pada tubuh pasiennya, tentunya alat ini juga harus selalu dijaga kebersihannya agar tidak menimbulkan infeksi ataupun masalah lainnya. Membersihkan CPAP secara teratur dapat menjaga mesin agar tetap berfungsi dengan lancar, meningkatkan umur pakai, dan mengurangi infeksi tertentu.

Sudahkah Kamu Membersihkan Mesin CPAP hari ini?

Kenapa Membersihkan Alat CPAP itu Penting?

Mesin CPAP bekerja dengan menyalurkan aliran udara langsung ke ke saluran pernapasan. Didalam CPAP terdapat humidifier yang digunakan untuk melembabkan udara agar tidak kering karena diberi udara secara terus menerus. Humidifier ini menggunakan air yang memungkinkan menciptakan lingkungan subur bagi jamur dan bakteri jika tidak dibersihkan. Selain itu, debu dari luar juga dapat menyebabkan sakit atau alergi.

Alasan pentingnya membersihkan CPAP yaitu untuk mengurangi infeksi saluran pernapasan, menghentikan iritasi kulit, dan menjaga alat tetap berfungsi dengan baik. Selain mencegah terjadinya penyakit, membersihkan CPAP juga dapat menjaga tetap tahan lama dan mencegah kondisi CPAP menjadi lebih buruk. Membersihkan CPAP tentunya dapat menggunakan alat lebih lama.

Membersihkan CPAP merupakan hal yang cukup mudah. Peralatan yang digunakannya pun sederhana, diantaranya, yang harus dipersiapkan adalah:

  • Lap Lembut
  • Air hangat
  • Sabun pencuci piring lembut
  • Mangkuk kecil
  • Handuk

Cara Membersihkan CPAP

Mengikuti langkah-langkah yang tepat dalam membersihkan CPAP dapat memastikan terhindar dari kontaminasi sehingga lebih sehat. Setelah mempersiapkan alat dan bahan , selanjutnya adalah membersihkan CPAP dapat mengikuti langkah berikut ini:

Sudahkah Kamu Membersihkan Mesin CPAP hari ini?

1. Memisahkan semua bagian CPAP

ketika digunakan, CPAP dalam keadaan terpasang semua komponennya. Sebelum membersihkan bagian-bagian CPAP yang harus dilakukan adalah melepaskan atau memisahkan semua komponen yang terhubung, diantaranya adalah:

  • Cabut kabel daya mesin CPAP dari sumber listrik
  • Lepaskan masker dari selang CPAP
  • Lepaskan selang konektor dari mesin CPAP
  • Lepaskan wadah Humidifier dari CPAP

2. Lap Permukaan Luar CPAP

Jika sudah dipisahkan semua komponennya, maka yang harus dilakukan adalah lap seluruh bagian permukaan mesin CPAP, caranya yaitu dengan mengambil kain lalu basahi dengan air hangat. Selanjutnya yaitu lap permukaan luar mesin CPAP secara perlahan untuk menghilangkan debu.

3. Cuci Semua Bagian

Setelah dilepaskan semua dari mesin CPAP, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencuci semua bagian CPAP, diantaranya:

  • Isi mangkuk kecil; dengan air hangat
  • Tambahkan sedikit sabun cuci piring
  • Rendam masker, selang, konektor, dan komponen lainnya kedalam mangkuk yang sudah diisi oleh air panas dan sabun cuci piring
  • Rendam selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Cuci wadah humidifier dan bilas dengan air bersih
  • Biarkan semuanya kering atau dapat dikeringkan dengan handuk
Sudahkah Kamu Membersihkan Mesin CPAP hari ini?

Jika sudah kering, maka langkah selanjutnya adalah menyusun kembali CPAP. Lalu, dapat dicoba untuk menghidupkan mesin agar mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak. Selanjutnya, yang harus dilakukan adalah mengganti filter. Filter diganti setiap bulan atau dua minggu sekali tergantung dengan petunjuk penggunaan jenis CPAP yang digunakan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini maka kamu dapat menjaga kebersihan dan kinerja CPAP sehingga dapat memastikan tidur yang nyaman dan sehat.

Selain membersihkan CPAP, informasi tambahan mengenai penggunaan CPAP juga harus diketahui agar penggunaannya pun menjadi lebih optimal dan lebih awet. Pertama selalu perhatikan air yang digunakan untuk humidifier, pastikan menggunakan air suling agar menghindari penumpukan mineral.

Selain itu, selalu periksa cara membersihkan filter dan pastikan filter rutin diganti ataupun dibersihkan. Selanjutnya, jangan cuci masker atau selang menggunakan mesin gunakan wadah atau cuci secara manual. Lalu, perhatikan jangan mengeringkan tali masker dengan digantung agar tidak melar atau merusak elastisitas tali. Pastikan juga untuk tidak menjemur CPAP dan perlengkapannya di bawah sinar matahari langsung karena dapat merusak warna.

Nah, itulah pembahasan mengenai pentingnya menjaga dan merawat CPAP agar terhindar dari masalah kesehatan dan menjaga CPAP tetap awet. CPAP ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain CPAP, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://shop.aeroflowsleep.com/blog/how-to-clean-your-cpap-supplies-properly
https://www.verywellhealth.com/do-you-need-a-cpap-cleaner-like-soclean-or-lumin-4171650
https://www.sleepfoundation.org/cpap/how-to-clean-a-cpap-machine