Seiring berjalannya waktu, membuat banyak orang semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah satu cara yang digunakan untuk menjaga kesehatan adalah dengan selalu memantau berat badan tubuh. Dengan memantau berat badan tubuh maka dapat mengetahui kesehatan tubuh secara keseluruhan dan menghindari terkena resiko penyakit berbahaya.

Timbangan berat badan memiliki berbagai jenis mulai dari timbangan manual, timbangan digital, hingga timbangan kadar lemak. Setiap timbangan memiliki fungsi yang berbeda dan cara pengukurannya pun berbeda. Timbangan manual dan timbangan digital hanya dapat menghitung berat badan saja, sedangkan timbangan kadar lemak dapat menghitung komponen penyusun berat badan.

Meskipun timbangan kadar lemak dan timbangan digital sama-sama bekerja dengan cara digital, namun kedua timbangan tersebut memiliki cara kerja yang berbeda saat membaca hasil pengukurannya.

Perbedaan Timbangan Digital dan Kadar Lemak Tubuh

Cara Kerja Timbangan Digital dan Kadar Lemak

Timbangan digital dan timbangan kadar lemak menunjukan hasil yang sama yaitu dalam bentuk digital. Namun, kedua timbangan ini memiliki cara kerja yang berbeda. Berikut merupakan cara kerja timbangan digital dan timbangan kadar lemak.

1. Timbangan Digital

Timbangan digital bekerja dengan prinsip yang sama yaitu menggunakan sensor untuk mengukur berat suatu objek dan hasilnya akan ditampilkan di layar digital. Sensor tersebut akan mengubah gaya yang diterapkan menjadi pembacaan digital dalam satuan berat seperti gram atau kilogram. Timbangan digital terkenal memiliki akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan timbangan manual. Timbangan digital memiliki ketelitian 0.1%.

Oleh karena itu timbangan digital menjadi salah satu pilihan yang paling sering digunakan di berbagai bidang. Selain untuk mengukur berat badan, timbangan digital juga dapat mengukur objek lain dan sering digunakan di banyak industri seperti laboratorium, manufaktur, pengolahan makanan, pertanian, dan lainnya.

2. Timbangan Kadar Lemak

Timbangan kadar lemak dan timbangan digital menampilkan hasil pengukuran yang hampir sama yaitu dalam bentuk digital. Namun, timbangan kadar lemak memiliki program yang lebih rumit dibandingkan dengan tibangan digital pada umumnya.

Timbangan kadar lemak bekerja dengan menggunakan metode BIA (Bioelectrical Impedance Analysis) dengan rumus matematika standar. Timbangan kadar lemak dilengkapi dengan elektroda pada timbangnnya yang akan mengalirkan arus listrik kecil lalu dapat mengukur kadar lemak didalam tubuh.

Perbedaan Timbangan Digital dan Kadar Lemak Tubuh

Meskipun kedua hasilnya sama-sama ditunjukan pada layar, namun kedua timbangan ini memiliki hasil pengukuran yang berbeda. Lalu, apa saja hasil yang terdapat pada timbangan kadar lemak? dan apa perbedaan lainnya? Simak dibawah ini ya!

Hasil Pengukuran Timbangan Kadar Lemak

Timbangan kadar lemak menunjukan beberapa hasil yang cukup penting yang menyusun berat badan dalam tubuh. Berikut merupakan beberapa parameter yang paling umum diukur menggunakan timbangan kadar lemak.

  • Berat Badan
    Yang pertama adalah berat badan, meskipun ini timbangan kadar lemak, tetapi hasil pengukuran berat badan juga terlihat pada timbangan ini.
  • Kadar Lemak
    Sesuai dengan namanya, timbangan ini dapat mengetahui kadar lemak. Dengan sensor elektroda yang terdapat pada kaki atau tangan, maka persentase kadar lemak dalam tubuh akan terbaca dan diketahui.
  • Massa Otot
    Selain kadar lemak, timbangan kadar lemak juga dapat mengukur massa otot didalam tubuh sehingga dapat diketahui bahwa berat badan berasal dari lemak atau dari otot.
  • Massa Tulang
    Selanjutnya, timbangan kadar lemak juga dapat menunjukan nilai massa tulang didalam tubuh.
  • Hidrasi Tubuh
    Selanjutnya, kadar air didalam tubuh juga merupakan salah satu komponen penyusun berat tubuh sehingga, timbangan ini dapat mengukur kadar air didalam tubuh.
  • Body Mass Indeks (BMI)
    Indeks massa tubuh atau BMI merupakan salah satu perhitungan yang cukup penting untuk mengetahui apakah berat badan ideal atau tidak. BMI dapat dihitung secara sendiri maupun menggunakan timbangan kadar lemak.
  • Kalori Harian
    Timbangan kadar lemak juga menampilkan rekomendasi kalori harian bagi seseorang sehingga sangat bermanfaat untuk mengontrol kalori harian terutama bagi yang sedang diet.

Baca artikel lainnya

Timbangan kadar lemak memiliki fungsi yang lebih banyak dibandingkan dengan timbangan digital umumnya. Timbangan komposisi tubuh memberikan hasil yang lebih rinci terkait berat badan sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna terutama yang sedang ingin membentuk tubuh.

Lalu apakah ada perbedaan lain dengan timbangan digital biasa? Tentunya kedua timbangan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Meskipun timbangan kadar lemak memiliki hasil pengukuran yang lebih banyak dibandingkan dengan timbangan digital biasa tetapi tidak sepenuhnya timbangan kadar lemak lebih baik dibandingkan dengan timbangan digital saja.

Kekurangan dan Kelebihan Timbangan Digital dan Kadar Lemak

Timbangan digital hanya menampilkan hasil berat badan saja. Sedangkan timbangan kadar lemak dapat menampilkan hasil berat badan serta komponen penyusun tubuh. Berikut merupakan kekurangan dan kelebihan dari kedua timbangan tersebut.

Kelebihan Timbangan Digital dan Kadar Lemak

Kelebihan dari kedua timbangan tersebut diantaranya adalah:

  1. Timbangan Digital
    - Akurasi Tinggi: Timbangan digital memiliki akurasi yang lebih tinggi dibandingkan timbangan manual. Jika dibandingkan timbangan komposisi tubuh memiliki akurasi yang kurang lebih sama.
    - Mudah Dibaca: Karena hasil pengukurannya hanya satu dan ditampilkan pada layar LCD maka timbangan ini mudah dibaca dan mudah dipahami.
    - Portabilitas: Biasanya timbangan ini memiliki ukuran yang kompak dan ringan sehingga memudahkan untuk dibawa bepergian.
  2. Timbangan Kadar Lemak
    - Informasi Rinci: Timbangan kadar lemak memiliki keunggulan paling utama dibandingkan dengan timbangan digital pada umumnya yaitu memiliki informasi yang lebih rinci terkait komponen-komponen penyusun tubuh. Timbangan kadar lemak dapat menunjukan hasil kadar lemak, massa otot, tulang, dan lainnya.
    - Teknologi Canggih: Timbangan kadar lemak ini memiliki teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan timbangan digital biasa. Timbangan kadar lemak rata-rata menggunakan teknologi BIA untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang komposisi tubuh.
    - Memantau Perubahan: Timbangan kadar lemak selain memberikan informasi tentang berat tetapi juga dapat mengetahui perubahan dalam komposisi tubuh sehingga sangat bermanfaat bagi yang sedang menjalankan program diet ataupun olahraga
Perbedaan Timbangan Digital dan Kadar Lemak Tubuh

Kekurangan Timbangan Digital dan Kadar Lemak

Kedua timbangan tersebut memiliki kelebihan masing-masing, namun selain kelebihan kedua timbangan tersebut juga memiliki kekurangan. Berikut merupakan beberapa kekurangan dari timbangan digital dan kadar lemak:

  1. Timbangan Digital
    - Sensitivitas: Timbangan digital dapat terpengaruh oleh permukaan yang tidak rata sehingga hasilnya bisa tidak akurat atau akurasinya berubah-ubah.
    - Informasi Tidak Rinci: Timbangan digital hanya menampilkan berat badan saja sehingga informasi yang dihasilkan tidak begitu rinci.
  2. Timbangan Komposisi Tubuh
    - Sensitivitas: Sama halnya dengan timbangan digital, timbangan kadar lemak juga mudah terpengaruh oleh sensitivitas sehingga berdampak pada akurasinya.
    - Biaya: Dari segi harga, timbangan kadar lemak memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan timbangan digital pada umumnya.
    - Kesulitan Membaca Hasil: Karena timbangan kadar lemak memiliki hasil yang beragam sehingga bagi beberapa orang akan kesulitan dalam membaca hasil dari timbangan ini.

Timbangan digital dan timbangan kadar lemak memiliki keunggulan masing-masing. Kedua timbangan ini digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya sehingga saat menggunakan nya pun menjadi lebih maksimal. Timbangan digital atau timbangan kadar lemak sama-sama memiliki manfaat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh

Kedua timbangan ini, timbangan digital atau kadar lemak dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain timbangan, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.healthline.com/health/body-fat-scale-accuracy#_noHeaderPrefixedContent
https://www.marsden-weighing.co.uk/blog/body-composition-scale-measurements?srsltid=AfmBOoos1RYwp2wB0ASwYZrZaCeK3DKIunDyoCWIeGgBrfbqKUKqZ1MD
https://www.meltrons.com.au/blogs/news/benefits-of-digital-weighing-scales-and-work#:~:text=Digital%20weighing%20scales%20are%20devices,of%20people%2C%20animals%20or%20objects.
https://id.my-best.com/136604