Alat terapi TENS atau alat pijat elektrik stimulasi saraf cukup ramai dibicarakan di sosial media karena ketika menggunakannya memiliki sensasi unik. Selain itu, alat ini juga memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan seperti meredakan nyeri, mengurangi kekakuan otot, dan masih banyak lainnya.

TENS singkatan dari Transcutaneous electrical nerve stimulation merupakan salah satu jenis terapi yang menggunakan arus listrik dengan tegangan rendah untuk mengurangi rasa sakit dan meredakan nyeri. Alat ini memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan seperti osteoartritis, tendinitis, dan fibromyalgia.

TENS merupakan metode stimulasi listrik yang tujuan utamanya adalah mengurangi rasa sakit dengan merangsang saraf sensorik. Hal tersebut dapat merangsangsang mekanisme rasa nyeri di tubuh. TENS sendiri memiliki banyak variasi tergantung pada jenis nyeri yang diobati.

Manfaat Terapi TENS (Alat Pijat Elektrik) untuk Mengurangi Nyeri Otot

TENS adalah alat pijat elektrik yang portable, dilengkapi dengan elektroda untuk menghantarkan impuls listrik melalui permukaan kulit. Alat TENS ini mampu meredakan nyeri dengan merangsang saraf dan menghalangi sinyal nyeri mencapai ke otak. Terapi TENS ini digunakan untuk mengelola berbagai kondisi kesehatan akut dan kronis seperti:

  • Nyeri Punggung
  • Osteoarthritis
  • Fibromialgia
  • Tendinitis
  • Bursitis
  • Nyeri Panggul Kronis
  • Neuropati terkait Diabetes
  • Penyakit Arteri Perifer

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa TENS ini efektif dalam mengurangi rasa nyeri namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitasnya seperti berapa lama penggunaan, dosisi penggunaan, dan lainnya. TENS sendiri dianggap aman digunakan terutama dalam mengurangi rasa nyeri, karena merupakan alat non-invasif dan tidak mengkonsumsi obat sehingga mengurangi efek samping yang tidak diinginkan.

Manfaat Terapi TENS (Alat Pijat Elektrik) untuk Mengurangi Nyeri Otot

Cara TENS Bekerja

Perangkat TENS biasanya memiliki ukuran yang kecil sebesar ponsel kecil dan dilengkapi dengan beberapa kabel dan elektroda pad pada ujungnya. Unit TENS akan mengeluarkan arus listrik dengan arus yang rendah kemudian akan dialirkan melalui kabel menuju elektroda pad dan yang sudah ditempel pada permukaan kulit yang ingin diterapi.

Elektroda yang terhubung ke unit TENS memiliki lapisan perekat sehingga dapat menempel pada kulit. Intensitas kekuatan dan berapa lama penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing penggunanya sehingga lebih nyaman dan memberikan hasil efektif.

Arus listrik akan merangsang sel-sel saraf yang menghalangi transmisi sinyal nyeri sehingga dapat mengurangi rasa nyeri. Selain itu, arus listrik akan meningkatkan endorfin (Zat kimia penghilang nyeri alami dari tubuh) kemudian akan memicu kekuatan penghilang nyeri tubuh.

TENS Umumnya dianggap sebagai alat yang sangat aman selama kekuatan listriknya tidak terlalu tinggi karena tidak menyakitkan. Namun, beberapa orang yang memiliki kondisi tertentu seperti:

  • Mengalami nyeri dari sumber yang belum didiagnosis dengan jelas
  • Ibu Hamil
  • Memiliki beberapa jenis penyakit jantung tertentu
  • Memiliki pacemaker
  • Menderita epilepsi
  • Memiliki kanker
  • Memiliki kondisi darah yang menggumpal
Manfaat Terapi TENS (Alat Pijat Elektrik) untuk Mengurangi Nyeri Otot

Manfaat dan Efek Samping TENS

TENS memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh terutama dalam meredakan nyeri. Namun, dari sekian banyak manfaat tentunya alat ini juga memiliki efek samping. Berikut merupakan manfaat dan efek samping menggunakan TENS

Manfaat Menggunakan TENS

  1. Non-invasif tidak memerlukan prosedur bedah
  2. Dapat digunakan sendiri atau bersamaan
  3. Dapat digunakan sendiri atau bersamaan dengan penghilang nyeri lainnya
  4. Dapat mengurangi dosis obat pada beberapa orang sesuai dengan rekomendasi dokter
  5. Memiliki ukuran yang kecil dan portable
  6. Efektif mengurangi nyeri bagi sebagian besar orang

Kekurangan Terapi TENS

  1. Reaksi alergi terhadap perekat elektroda pada elektroda pad
  2. Sensasi yang tidak nyaman atau unik sehingga beberapa orang tidak menyukainya
  3. Menimbulkan luka bakar dari elektroda meskipun jarang terjadi

Meskipun saat ini TENS memiliki popularitas yang tinggi, namun kondisi tersebut tidak termasuk kedalam daftar teratas dari pengobatan yang efektif untuk nyeri yang berat. Selain menggunakan TENS, untuk nyeri punggung atau leher yang ringan dapat juga melakukan aktivitas fisik seperti yoga, terapi manual, akupuntur dan lainnya.

Selain itu, penggunaan TENS juga harus diperhatikan sesuai dengan produknya seperti berapa lama menggunakannya dalam satu kali sesi, dan berapa intensitas yang dibutuhkan. Alat TENS ini sudah dijual dimana saja dan mudah ditemukan di toko alat kesehatan. Salah satu Toko Alat Kesehatan yang menjual TENS yaitu Galeri Medika. Selain TENS, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/15840-transcutaneous-electrical-nerve-stimulation-tens
https://www.physio-pedia.com/Transcutaneous_Electrical_Nerve_Stimulation_(TENS)
https://www.verywellhealth.com/a-tens-unit-for-fibromyalgia-pain-3973054
https://www.verywellhealth.com/what-is-tens-and-how-does-it-work-2564548