Pernahkah Kamu merasakan nyeri otot yang berkepanjangan setelah berolahraga atau bekerja secara terus menerus? rasanya sangat tidak nyaman sekali bukan?! Jika ya, mungkin Kamu bisa menggunakan terapi Infrared untuk solusinya. Terapi infrared ini memiliki banyak manfaat lho, penasaran manfaatnya apa saja? Baca artikel ini sampai selesai, ya!

Sebelum membahas mengenai manfaat terapi infrared, lebih baik mengenal apa itu terapi lampu infrared. Terapi lampu infrared ini memanfaatkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu yang dapat langsung masuk kedalam sel-sel tubuh untuk merangsang penyembuhannya.

Manfaat Lampu Terapi Infrared: Bisa dipakai untuk Kondisi Apa Aja ya?

Panas yang dihasilkan oleh lampu infrared ini dapat menembus jauh ke dalam jaringan tubuh dan memberikan sensasi hangat sehingga dapat merilekskan sekaligus merangsang berbagai proses penyembuhan secara alami.

Penggunaan lampu terapi infrared ini sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Tujuan penggunaan lampu terapi infrared ini adalah untuk membantu pengobatan berbagai kondisi kesehatan dan membantu proses penyembuhan kondisi kesehatan tertentu. Selain meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan masih banyak manfaat dari terapi infrared ini.

Manfaat Lampu Terapi Infrared

Lampu terapi infrared ini memiliki banyak manfaat mulai dari kesehatan, kehangatan, kecantikan, dan lainnya. Berikut merupakan beberapa manfaat dari lampu terapi infrared:

1. Penyembuhan dan Meredakan Nyeri Otot

Salah satu manfaat yang paling banyak dirasakan saat menggunakan lampu terapi infrared yaitu dapat membantu proses penyembuhan dan meredakan nyeri otot. Terapi lampu infrared dapat memanaskan jaringan dan sel dari dalam tubuh. Sirkulasi yang baik membantu mempercepat penyembuhan sehingga sangat efektif untuk meredakan nyeri pada otot dan sendi yang pegal.

Manfaat Lampu Terapi Infrared: Bisa dipakai untuk Kondisi Apa Aja ya?

2. Pembakaran Lemak

Manfaat lainnya menggunakan terapi infrared ini yaitu membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Setiap kali melakukan terapi pemanasan menggunakan lampu infrared ini merangsang pembakaran kalori seiring dengan peningkatan detak jantung dan aliran darah yang lebih baik. Jika dikombinasikan dengan olahraga yang baik serta diet yang sehat maka terapi infrared ini dapat menurunkan berat badan secara efektif.

3. Kesehatan Jantung dan Kardiovaskular

Terapi infrared dapat meningkatkan detak jantung, meningkatkan aliran darah, stimulasi arteri, dan mendorong darah melalui pembuluh darah sehingga oksigen terdistribusikan dengan baik kedalam seluruh tubuh. Oleh karena itu, ketika menggunakan lampu infrared ini seperti berolahraga ringan sehingga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

4. Menghangatkan Tubuh

Terapi lampu infrared ini mengeluarkan panas sehingga menghangatkan bagian tubuh yang disinari lampu infrared. Manfaat dari hangat yang dirasakan dapat meredakan gejala flu, pilek, dan dapat menghangatkan tubuh. Selan kondisi kesehatan, dapat juga memberikan relaksasi yang optimal.

5. Kecantikan

Lampu terapi infrared juga dapat merangsang produksi kolagen dalam kulit sehingga membantu memperlambat proses penuaan pada kulit dan tubuh. Kolagen adalah protein yang ditemukan di kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di tubuh akan menurun sehingga menyebabkan efek penuaan pada kulit dan tulang. Oleh karena itu, penggunaan lampu infrared ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Lampu Terapi Infrared: Bisa dipakai untuk Kondisi Apa Aja ya?

Selain yang sudah disebutkan, masih banyak manfaat lampu infrared ini bagi kesehatan. Terapi infrared juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi termasuk radang sendi, nyeri punggung, neuropati diabetik, terapi bell palsy, dan terapi lainnya. Terapi infrared juga biasa dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan pasca operasi, luka sayat, luka bakar, dan lainnya.

Secara umum lampu infrared ini dapat digunakan pada seluruh bagian tubuh, namun ketika ingin digunakan pada bagian wajah disarankan dengan pemantauan dari dokter atau ahli kesehatan lainnya. Karena lampu ini menghasilkan sensasi hangat yang secara terus menerus, biasanya akan menyebabkan iritasi bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif sehingga ketika ingin memulai mencoba terapi lebih baik dilakukan pada area yang mudah dilihat untuk mengetahui efek penggunaan dari lampu ini.

Terdapat banyak jenis lampu terapi infrared dan biasanya berbeda antara lampu yang digunakan serta watt yang dibutuhkan. Penggunaan lampu infrared ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain lampu infrared, Galeri Medika menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.healthline.com/health/red-light-therapy#risks
https://www.seksauna.com/blog/top-7-benefits-of-infrared-light-therapy
https://www.next-health.com/post/infrared-light-therapy-benefits