CPR singkatan dari Cardiopulmonary Resuscitation atau resusitasi jantung paru merupakan salah satu cara untuk pertolongan pertama gawat darurat bagi seseorang yang mengalami henti jantung. Teknik CPR cukup sederhana dan bisa dipelajari oleh siapa saja. Teknik CPR biasanya yang dilakukan adalah kompresi dada yang akan menjaga aliran darah ke organ. namun caranya pun harus benar karena jika salah dapat menyebabkan patah tulang rusuk dan melukai organ dalam.

Selain langsung menggunakan tangan, CPR juga dapat dilakukan dengan alat khusus. Alat CPR adalah sebuah perlengkapan medis yang dirancang untuk membantu seseorang melakukan resusitasi jantung paru (CPR). Alat-alat yang digunakan cukup beragam. Dalam artikel ini akan dijelaskan jenis-jenis alat CPR beserta cara menggunakannya.

Apa itu Alat CPR dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Jenis-Jenis Alat CPR

Berikut merupakan beberapa jenis-jenis alat CPR yang umum digunakan:

1. Masker Resusitasi

Masker resusitasi merupakan alat bantu pernapasan yang digunakan untuk memberikan napas buatan kepada pasien selama melakukan resusitasi. Masker ini digunakan untuk menolong pasien yang mengalami sesak nafas dan berfungsi juga untuk menghindari berbagai penyakit yang kemungkinan terjadi jika melakukan nafas buatan tanpa menggunakan masker untuk mencegah penyebaran penyakit menular melalui udara atau mulut saat melakukan nafas buatan.

Masker CPR memiliki bentuk yang transparan, ringan, dan mudah digunakan. Masker ini sudah lengkap dengan tali elastis yang berfungsi untuk memudahkan dalam pemasangan masker dengan adanya tali elastis ini membuat masker lebih kencang dan tidak mudah bergeser saat digunakan.

2. Ambubag

Ambubag atau Bag Valve Mask merupakan salah satu jenis alat CPR yang memiliki fungsi untuk membantu memperlancar pernafasan. Alat ini terdiri dari bagian yang berfungsi untuk memompa oksigen serta valve atau pipa berkatup dan masker yang berfungsi menutup hidung dan mulut. Ambu bag ini biasanya digunakan untuk memberikan tekanan pada sistem pernafasan ketika penghentian nafas ataupun nafasnya tidak kuat.

Ambu bag ini adalah bagian dari peralatan resusitasi yang sering digunakan saat pertolongan pertama dan beberapa kondisi lain misalnya pada ruang operasi untuk bantuan pernafasan pasien yang tidak sadar sesaat sebelum diberikan bantuan pernafasan mekanik.

Apa itu Alat CPR dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

3. AED (Automated External Defibrillator)

AED merupakan alat medis yang berfungsi menganalisis irama jantung secara otomatis dan memberikan kejutan listrik untuk mengembalikan irama jantung. Alat ini sering digunakan sebagai pertolongan pertama bagi orang yang mengalami henti jantung mendadak. AED ini mudah digunakan sehingga dapat digunakan oleh siapa saja karena dilengkapi dengan petunjuk suara yang memandu setiap penggunanya. Namun alangkah baiknya digunakan oleh orang yang telah melalui pelatihan formal penggunaan AED lebih dianjurkan.

4. Papan CPR

Papan CPR atau CPR board adalah papan yang digunakan untuk melakukan tindakan CPR atau resusitasi jantung paru pada kondisi darurat. Papan ini berfungsi untuk memposisikan pasien dengan benar, menjaga posisi kepala pasien, dan memberikan stabilitas yang lebih baik. Papan ini memiliki karakteristik yang kokoh, dapat mengikuti anatomi tubuh, ringan, mudah dibersihkan, dan dilengkapi dengan pegangan.

Apa itu Alat CPR dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Itulah beberapa alat yang cukup sering digunakan dalam pertolongan pertama CPR atau resusitasi jantung paru. alat-alat tersebut bisa digunakan oleh orang awam karena penggunaannya cukup mudah, namun ada beberapa alat yang disarankan untuk mengikuti pelatihan formal sebelum menggunakannya.

Pelatihan CPR ini biasanya dilakukan menggunakan manekin khusus CPR. Manekin khusus CPR digunakan untuk keperluan alat praktek dalam pelatihan pertolongan pertama. Manekin ini dapat digunakan untuk menunjukan cara pemberian pertolongan pertama salah satunya adalah resusitasi jantung paru atau CPR.

Alat CPR ini dijual bebas dipasaran dan dapat dibeli oleh siapa saja. Karena alat ini merupakan bagian dari pertolongan pertama sehingga sangat cocok disimpan pada tempat-tempat umum seperti sekolah, hotel, rumah sakit, rumah, kantor dan tempat umum lainnya.

Semua alat CPR yang sudah dijelaskan dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain alat CPR, Galeri medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/17680-cardiopulmonary-resuscitation-cpr
https://thefirstaidcourseperth.com.au/equipment-used-for-cpr/
https://www.medicalogy.com/blog/ambu-bag-si-resusitator-penyelamat-jalan-nafas/
https://www.medicalogy.com/blog/masker-cpr-masker-saku-yang-serbaguna/
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2262/mengenal-automated-external-defibrilator-aed