Hernia adalah suatu kondisi umum yang cukup sering terjadi, dimana organ dalam tubuh mendorong keluar melalui otot atau jaringan yang lemah sehingga adanya tonjolan yang terlihat atau terasa di daerah sekitar perut dan pangkal paha. Hernia ini biasanya menyebabkan gejala yang tidak nyaman atau nyeri, sebagian besar kondisi hernia ini harus dilakukan operasi, namun beberapa kondisi juga dapat menggunakan korset untuk perawatan, dan mengurangi gejala.

Rekomendasi Korset dan Sabuk untuk Atasi Hernia

Hernia ini seringkali terjadi di area perut atau paha. Hernia ini terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan dengan lokasi terjadinya kondisi Hernia, diantaranya adalah:

  1. Hernia Femoral: Hernia femoral terjadi di bagian atas paha tepat di bawah area pangkal paha. Tonjolan ini biasanya akan terasa sakit dan terlihat jelas saat meregangkan otot seperti mengangkat sesuatu atau berdiri dalam waktu lama.
  2. Hernia Inguinal: Hernia inguinal merupakan jenis hernia yang paling umum. Kondisi ini akan menyebabkan tonjolan di pangkal paha yang terlihat lebih besar atau bahkan keluar ketika mengangkat beban yang berat. Gejala yang mungkin dirasakan juga adalah sensasi terbakar, tegang, atau nyeri di area pangkal paha.
  3. Hernia Umbilikalis: Seperti dengan namanya, Hernia ini berkembang di sekitar pusar dan biasanya terjadi pada bayi baru lahir. Hernia ini menyebabkan terjadinya pembengkakan tanpa rasa sakit yang mungkin terlihat saat bayi berdiri tegak atau menangis.
  4. Hernia Hiatus: Hernia ini terjadi ketika bagian jaringan perut mendorong ke dalam diafragma yang terletak di bawah paru-paru sehingga menyebabkan nyeri dada, heartburn, dan kesulitan menelan.
  5. Hernia Insisional: Dikenal juga dengan hernia ventral, biasanya terbentuk di area tempat menjalani operasi pada perut. Seperti jenis hernia lainnya, biasanya akan menyebabkan pembengkakan dan nyeri yang bertambah parah saat duduk, berdiri, batuk, atau buang air besar.

Selain pada dewasa, hernia juga mungkin terjadi pada anak-anak yang biasa disebut dengan hernia inguinal. Gejala hernia pada bayi atau anak-anak yang mungkin terjadi diantaranya adalah gelisah, nyeri perut, dan pembengkakan di sekitar area perut. Akan terlihat juga tonjolan saat bergerak seperti menangis dan batuk. Selain yang sudah dijelaskan, masih banyak jenis hernia lainnya.

Rekomendasi Korset dan Sabuk untuk Atasi Hernia

Gejala dan Penyebab Hernia

Tidak semua hernia menimbulkan gejala yang sama, namun, ada satu gejala yang khas yaitu adanya tonjolan yang terlihat saat melakukan aktivitas tertentu atau pada saat posisi tertentu, seperti batuk, mengangkat beban, tertawa, dan mengejan. Mungkin juga akan merasakan adanya tekanan, rasa nyeri, atau pencak-pencakan saat hernia keluar.

Biasanya gejala hernia pada laki-laki atau perempuan akan sama. Penyebab utama dari hernia sendiri adalah terjadinya kelemahan pada otot ataupun jaringan ikat sehingga memungkinkan organ atau jaringan lain menekan bagian yang lemah tersebut. Terkadang kelemahan otot atau jaringan ini ada sejak lahir, atau bisa juga berkembang dengan sendirinya.

Faktor resiko yang menjadi penyebab kondisi hernia diantaranya adalah melakukan pekerjaan berat seperti mengangkat benda berat atau berdiri dalam waktu yang lama. Selain itu, batuk kronis dan bersin berulang juga dapat menjadi resiko hernia. Selain itu, riwayat operasi abdomen atau panggul juga dapat menyebabkan kondisi hernia.

Pada anak, kondisi hernia mungkin terjadi ketika lahir dalam keadaan prematur, menderita fibrosis kistik, memiliki gangguan jaringan ikat, Menderita displasia panggul bawaan, memiliki testis yang tidak turun, dan memiliki masalah lain dalam sistem reproduksi atau sistem kemih

Rekomendasi Korset dan Sabuk untuk Atasi Hernia

Pengobatan Hernia

Pada umumnya, jika mengalami kondisi hernia maka akan direkomendasikan oleh penyedia layanan kesehatan untuk operasi. Namun, jika hernia masih kecil dan tidak menyebabkan banyak gejala, mungkin tidak akan direkomendasikan untuk melakukan operasi. Beberapa orang memilih operasi untuk meredakan gejala dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Selain operasi, dokter juga akan menyarankan untuk menggunakan korset dan sabuk khusus hernia. Korset dan sabuk ini digunakan sebagai dukungan tambahan pada area yang melemah dan membantu menjaga organ tidak menonjol lebih jauh melalui celah otot atau jaringan. Korset ini juga dapat mengurangi gejala hernia agar tidak semakin memburuk dan menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Penggunaan korset dan sabuk hernia ini dapat menjadi alternatif untuk mengobati hernia terutama jika hernia masih kecil sehingga meringankan gejalanya. Namun, perlu diingat penggunaan korset ini bersifat sementara, untuk memperbaiki hernia secara permanen maka perlu melakukan operasi. Korset dan sabuk hernia ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Galer! Med!ka. Beberapa rekomendasi korset untuk atasi hernia diantaranya adalah dibawah ini.

Variteks 134 Korset Untuk Hernia

Korset Variteks 134

Korset dari variteks 134 ini memiliki bahan yang berkualitas, lembut, dan elastis, sehingga nyaman digunakan dan memberikan tekanan yang sesuai sehingga dapat mencegah perkembangan hernia serta mengurangi gejala hernia.

Fitur Produk

  • Bahan berkualitas buatan turki
  • Dilengkapi dengan bahan mikrokapsul aloe vera yang nyaman
  • Tinggi produk 20 cm
  • Tersedia ukuran S, M, L, XL, dan XXL yang dapat diukur melalui lingkar pinggang

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Korset Kesehatan Variteks 111 Variteks Lumbosacral Corset

Korset Variteks 111

Korset variteks 111 merupakan korset kesehatan yang digunakan untuk nyeri hernia, menopang tulang belakang, dan menahan beban tubuh. Terbuat dari bahan yang lembut dan elastis serta dilengkapi dengan penopang logam yang terbuat dari stainless dan baja keras sehingga membuat korset nyaman ketika digunakan.

Fitur Produk

  • Cocok digunakan untuk cedera hernia, tulang belakang terkilir, nyeri pinggang, dan linu pada pinggul
  • Dapat menahan beban tubuh dengan baik
  • Dilengkapi dengan penopang logam
  • Menstabilkan daerah tulang belakang dengan membatasi pergerakan sehingga mengurangi rasa sakit
  • Tersedia mulai dari ukuran S, M, L, XL, XXL, XXXL, dan 4XL yang dapat diukur melalui lingkar pinggang

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Sabuk Hernia Variteks 601 Elastic Truss (One Side)

Sabuk Variteks 601

Sabuk variteks 601 ini dapat digunakan untuk pencegahan sebelum atau sesudah operasi hernia. Digunakan pasca operasi untuk mengurangi resiko lepas jahitan. Terbuat dari bahan berkualitas dengan lapisan busa yang tebal sehingga nyaman digunakan. Tersedia model kanan dan kiri.

Fitur Produk

  • Dapat digunakan sebelum dan sesudah operasi Hernia
  • Tersedia ukuran S, M, dan L yang diukur melalui lingkar pinggang
  • Tersedia model kanan dan kiri
  • Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Sabuk Hernia Variteks 602 Elastic Truss (Double Side)

Sabuk Variteks 602

Sabuk variteks 602 ini dapat digunakan untuk hernia pada sebelum maupun sesudah dilakukannya operasi. Berfungsi untuk menahan keluarnya jaringan lunak pada rongga perut yang terjadi akibat lemahnya lapisan otot dinding perut. Dilengkapi dengan lapisan busa sehingga nyaman ketika digunakan.

Fitur Produk

  • Dapat digunakan sebelum dan sesudah operasi Hernia
  • Tersedia model kanan dan kiri
  • Menjaga agar tidak menyebabkan kondisi hernia kambuh
  • Tersedia ukuran S, M, dan L yang dapat diukur melalui lingkar pinggang
  • Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Sabuk Hernia Anak Variteks 603 Elastic Truss For Child

Sabuk Anak Variteks 603

Sabuk Variteks 603 merupakan sabuk yang digunakan untuk perawatan hernia bagi anak anak. Memiliki fungsi untuk menahan keluarnya jaringan lunak pada rongga perut yang terjadi akibat melemahnya lapisan otot dinding perut. Sabuk ini dilengkapi dengan lapisan busa dan silikon yang nyaman dipakai.

Fitur Produk

  • Dapat digunakan untuk perawatan sebelum dan sesudah melakukan operasi hernia pada anak-anak.
  • Terbuat dari bahan yang nyaman dan dilengkapi dengan lapisan busa serta silikon yang nyaman dipakai
  • Tersedia model kanan dan kiri
  • Cocok digunakan untuk anak sampai usia 5 tahun
  • Tersedia satu ukuran (All size anak)
  • Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Variteks 604 Child Umbiculus Perawatan Hernia pada Bayi

Sabuk Bayi Variteks 604

Variteks 604 merupakan sabuk hernia umbilikus pada bayi. Digunakan pada area pusar dan dilengkapi dengan bantalan lembut, untuk memberikan kompresi yang ringan. Sabuk ini cocok digunakan pada akan berusia dua tahun.

Fitur Produk

  • Terbuat dari bahan yang nyaman dan dilengkapi dengan silikon yang empuk
  • Memberikan tekanan yang nyaman pada perut bayi
  • Dapat digunakan pada anak usia 2 tahun
  • Cocok digunakan untuk anak sampai usia 5 tahun
  • Tersedia satu ukuran all size
  • Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Penggunaan korset atau sabuk hernia ini dapat memberikan bantuan dalam mengelola kondisi hernia. Namun, alangkah baiknya sebelum menggunakan korset untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar memberikan perlindungan yang maksimal. Korset dan sabuk hernia ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain korset dan sabuk hernia, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/hernias-5082844
https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15757-hernia
https://www.healthline.com/health/hernia#treatment