1 dari 3 orang Indonesia memiliki kondisi Hipertensi atau tekanan darah tinggi, bahkan angka tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya. Kondisi hipertensi ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan seperti stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.

Tekanan Darah Stabil: Hidup Makin Sehat!
Pada tahun 2023 berdasarkan hasil pengukuran tekanan darah pada penduduk usia 18 tahun ke atas terdapat 30.8 % orang indonesia memiliki kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun, persentase tersebut menurun dari tahun 2018 yang memiliki persentase sebesar 34.1%.

Faktor resiko utama dari tekanan darah tinggi diantaranya adalah merokok, kurang aktivitas fisik, kurang makan sayur dan buah, konsumsi makanan tinggi garam, stres, usia, genetik, dan obesitas. Oleh karena itu, untuk mencegah kondisi tekanan darah tinggi maka yang perlu dilakukan adalah merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Dengan melakukan perubahan hidup menjadi lebih baik maka dapat menghindari kondisi tersebut. Pencegahan hipertensi yang dapat dilakukan adalah beraktivitas fisik secara rutin, menghindari asap rokok, mengatur pola makan menjadi sehat, kurangi konsumsi garam, hindari stres, istirahat yang cukup, dan kontrol tekanan darah secara rutin.

Mengontrol tekanan darah secara rutin maka dapat menjaga tekanan darah tetap stabil dan terhindar dari resiko komplikasi akibat tekanan darah tinggi. Pantau tekanan darah secara rutin menggunakan tensimeter digital. Tensimeter digital ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Galeri Medika. Selain tensimeter Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.
Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/prevalensi-hipertensi-di-indonesia-menurun/
https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230607/0843182/hipertensi-disebut-sebagai-silent-killer-menkes-budi-imbau-rutin-cek-tekanan-darah/
https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20240518/5245526/bahaya-hipertensi-upaya-pencegahan-dan-pengendalian-hipertensi/