Tahukah kamu, Kolesterol itu merupakan hal penting bagi tubuh? Tetapi, jika kadarnya terlalu tinggi, justru bisa membahayakan kesehatan, lho. Ko bisa ya?

Berdasarkan data statistik pada tahun 2022 terdapat 22% orang di Indonesia menderita kolesterol dan 7.9% orang di dunia meninggal akibat penyakit kolesterol.

Normalnya, kolesterol dalam tubuh berkisar kurang dari 200 mg/dL. Jika kadar kolesterol lebih tinggi dari 240 mg/dL maka dapat meningkatkan resiko penyakit tertentu akibat kolesterol yang berlebihan.

Kenapa Cek Kolesterol Itu Penting? Yuk, Kenali Resikonya!

Kolesterol merupakan suatu lemak yang ada di dalam tubuh dan berfungsi untuk membentuk sel, memproduksi hormon, vitamin D, menjalankan fungsi saraf, dan fungsi otak. Kolesterol secara alami diproduksi melalui organ hati oleh tubuh atau diperoleh dari makanan yang dikonsumsi.

Kolesterol yang paling umum ditemukan dalam tubuh terbagi menjadi dua jenis yaitu HDL dan LDL. HDL (High Density Lipoprotein) atau disebut juga dengan kolesterol baik berfungsi untuk mengangkut LDL yang akan dikeluarkan kembali dalam bentuk lemak empedu. Sedangkan, kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) merupakan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penumpukan plak pada dinding arteri.

Meskipun kolesterol memiliki manfaat bagi tubuh, tetapi terlalu tinggi kandungan kolesterol terutama kolesterol jahat dapat menyebabkan bahaya bagi kesehatan dan meningkatkan resiko penyakit tertentu akibat adanya penumpukan plak pada pembuluh darah, seperti penyakit jantung, arteri koroner, serangan jantung, hingga stroke.

Sebenarnya, Apa Penyebab Kolesterol Tinggi?

Kolesterol diproduksi oleh tubuh sebanyak 80% dan diperoleh melalui makanan yang dikonsumsi sebanyak 20%. Oleh karena itu makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol didalam tubuh.

Makanan yang dapat menyebabkan kadar kolesterol tinggi didalam tubuh diantaranya adalah makanan tinggi lemak jenuh seperti mentega, keju, santan, ataupun krim. Selain makanan yang dikonsumsi, kurangnya berolahraga, merokok, minum alkohol yang berlebihan, obesitas, dan penambahan usia juga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi.

Apakah Kolesterol Bisa dicegah?

Ya Tentu, kolesterol dapat dicegah dengan mudah hanya dengan menerapkan gaya hidup sehat, menjaga pola makan, berolahraga secara rutin, melakukan aktivitas fisik, berhenti merokok, kurangi konsumsi alkohol, jaga berat badan tetap normal, tidur yang cukup, serta mengontrol kadar kolesterol secara rutin.

Mengetahui nilai kadar kolesterol dapat meningkatkan kesadaran sehingga dapat memperbaiki pola hidup yang lebih sehat. Mengetahui nilai kolesterol ini dapat menggunakan alat cek darah khususnya kolesterol.

Alat cek kolesterol ini menggunakan sedikit sampel darah untuk membaca hasil kadar kolesterol didalam tubuh. Alat cek kolesterol dapat dibeli secara langsung maupun online di toko Galeri Medika. Selain alat cek kolesterol, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1718/kolesterol-dan-penyakit-yang-berteman-dengannya
https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluhdarah/page/36/apa-itu-hdl-dan-ldl
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1731/tahukah-kamu-kolesterol-itu-ada-yang-jahat-dan-yang-baik